Penjelasan Perihal Unsur-Unsur Seni Rupa


Image Source: satujam.com

Seni rupa yakni cabang seni yang menghasilkan sebuah karya yang sanggup dinikmati dengan indera penglihatan dan indera peraba. Apa yang dimaksud unsur seni rupa? Karya seni rupa yang telah dibentuk mempunyai unsur-unsur pembentuknya. Unsur dari sebuah karya seni tersebut diartikan sebagai unsur seni rupa.

Apa itu unsur seni rupa? Unsur seni rupa merupakan bab terpenting dalam pembuatan karya seni. Unsur-unsur yang membentuk kesatuan yang padu sehingga karya seni sanggup dinikmati secara utuh. Adanya unsur-unsur ini menciptakan sebuah seni rupa sanggup dilihat dan diamati serta dinikmati dan diapresiasi oleh orang lain.

Lalu, apa saja yang termasuk unsur seni rupa? Dalam artikel ini akan kami berikan unsur-unsur dalam seni rupa.

Unsur-unsur seni rupa

1. Titik

Image Source: unsurseni19.com

Apa unsur seni rupa? Titik dalam cabang seni rupa yakni unsur seni rupa yang sangat dasar. Suatu karya yang dibentuk merupakan hasil dari titik-titik ini. Titik merupakan 1 dimensi dan titik menjadi unsur paling kecil dalam membentuk garis, bentuk atau bidang. Titik juga menjadi awal dari wangsit karya seni yang akan dibuat.

2. Garis

Image Source: dictio.id

Garis yakni gabungan antara unsur titik yang menjadi satu. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai bentuk tertentu ibarat panjang, pendek, tipis, lurus, horizontal, vertikal, melengkung, miring, halus, tebal, dan lain-lain. Garis dalam sebuah karya seni dipakai biar memperlihatkan kesan tertentu dalam sebuah karya seni.

3. Bidang

Image Source: moondoggiesmusic.com

Bidang dalam seni rupa yakni gabungan antara dua ujung garis yang bertemuan. Bidang mempunyai bermacam-macam bentuk ibarat panjang, lebar, tinggi, dan lainnya. Contoh bidang yaitu kubus, trapesium, segitiga, dan lain-lain. 

4. Bentuk

Image Source: slideshare.net

Unsur dari seni rupa selanjutnya yaitu bentuk. Bentuk merupakan unsur yang sanggup menciptakan suatu karya seni rupa menjadi lebih lezat dipandang secara utuh. Bentuk terdiri atas susunan dari beberapa bidang. Jenis-jenis bentuk ada 2 macam, contohnya geometris ibarat kubus, balok, tabung sedangkan bentuk non-geometris ibarat manusia, hewan, alam.

5. Ruang

Image Source: moondoggiesmusic.com

Apa saja unsur seni rupa 3 dimensi? Ruang merupakan unsur seni rupa yang mempunyai dua sifat yaitu semu dan nyata. Dalam karya seni rupa 2 dimensi, ruang hanya bersifat semu alasannya berupa penggambaran saja. Sementara dalam karya seni rupa 3 dimensi, ruang bersifat kasatmata dan sanggup dirasakan secara eksklusif oleh indera penglihatan.

6. Warna

Image Source: momotografi.com

Warna merupakan bab dari unsur-unsur seni rupa. Dalam teori warna seni rupa terdapat teori warna pigmen yaitu ibarat berikut.
  • Warna primer yakni warna dasar atau tanpa adonan warna lain, contohnya yakni merah, kuning dan biru.
  • Warna sekunder yaitu warna yang didapat dengan mencampur dua warna dasar, contohnya yakni oranye, ungu, dan hijau.
  • Warna tersier yaitu warna yang dihasilkan melalui pencampuran warna sekunder.
  • Warna analogus yaitu warna yang letaknya berdampingan dalam bulat warna, contohnya kuning kehijau-hijauan atau oranye kemerah-merahan.
  • Warna komplementer yakni warna kontras yang letaknya berseberangan dalam bulat warna, contohnya kuning dengan ungu, merah dengan hijau dan lain-lain.  

7. Tekstur

Image Source: kliping.co

Tekstur termasuk dalam unsur seni rupa 3 dimensi. Tekstur sendiri mempunyai arti sifat atau keadaan suatu bidang, pola tekstur sanggup berupa halus, kasar, lembek, dan lainnya. Tekstur sanggup dirasakan dengan indera peraba ibarat tangan. 

8. Gelap terang

Image Source: thegorbalsla.com

Unsur seni rupa yang terakhir yaitu gelap terang. Dalam sebuah karya seni 2 dimensi gelap jelas sangat diharapkan biar karyanya terlihat kasatmata dan hidup. Gelap jelas membutuhkan pemilihan warna dan pemilihan intensitas cahaya yang masuk mengenai objek. 

Demikian ada berapa unsur seni rupa dalam sebuah karya seni. Semoga bermanfaat.