Seperti Ini Suara Doa Malaikat Saat Memohon Ampunan Allah


Sumber gambar Eramuslim

Ketika malaikat berdoa dan berdzikir mengakui kelemahan mereka, doa ini juga baik untuk diamalkan memohon ampunan Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menempatkan Adam dan anak keturunannya dalam kedudukan yang mulia, lebih mulia dari para makhluk-Nya yang lain.

Salah satu bukti yang mengatakan hal tersebut ialah sehabis Allah membuat Adam, Allah perintahkan para malaikat untuk sujud kepada Adam ‘alaihi shalatu wa salam.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

“Dan (ingatlah) saat Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kau kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan ialah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 34)

Ketika para malaikat protes kepada Allah SWT terkait penciptaan Nabi Adam AS, mereka pribadi diperintah oleh Allah SWT untuk menyebutkan nama-nama benda. “Sebutkanlah kepadaku nama (benda-benda) itu, bila kau orang yang benar.” (QS. Al-Baqarah: 32)

:

  1. Doa Untuk Anak, Rasulullah Contohkan Doa Ini Yang Bisa Kamu Amalkan Sekarang
  2. Karena Tidak Tau Ilmunya, Lakukan 4 Hal Ini Agar Amal Ibadah Tidak Sia-sia

Permintaan Allah kepada para malaikat ini, Dikutip dari islaim.co berdasarkan Quraisy Shihab, bukanlah bertujuan biar para malaikat tersebut menjawab, melainkan untuk menunjukan bahwa mereka telah salah menduga dan sok tau.

Para malaikat yang merasa bahwa diri mereka telah bersalah alasannya sok tau, lalu bergegas melafalkan tasbih biar kesalahan mereka diampuni oleh Allah SWT.

سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

“Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; gotong royong Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Menurut Quraisy Shihab, selain legalisasi atas ketidaktahuan mereka. Jawaban para malaikat tersebut sekaligus menjadi legalisasi atas kelemahan mereka. Sedangkan Allah SWT Maha Suci dari segala kekurangan.

Jika malaikat saja, yang pernah sok tau, lalu bertaubat, bagaimana kamu?

Wallahu A’lam.