10 Wangsit Kreatif Kerajinan Tangan Dari Kertas

 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Dari Kertas dan Cara Melipatnya 10 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Dari Kertas
Image Source: bp-guide.id

Banyak kegunaan barang bekas yang mungkin belum kita ketahui semua salah satunya kerajinan tangan dari kertas yang mana kertas ini sering dibuang begitu saja. Padahal, kalau kita kreatif, banyak kertas bekas yang tidak mempunyai kegunaan diolah menjadi kerajinan tangan yang bagus dan menarik pandangan mata.

Saat membicarakan kerajinan tangan dari kertas, niscaya sudah terbayang-bayang dengan kertas yang tiidak mempunyai kegunaan ibarat kertas koran bukan? Sebenarnya, banyak inspirasi dan cara menciptakan kerajinan dari kertas, yang sanggup kita jadikan sebagai refrensi pembuatannya. Sehingga sanggup kita gunakan menjadi kerajinan tangan yang unik.

Karya seni berupa kerajinan tangan ketika ini sangat banyak macamnya. Mungkin alasannya yaitu kertas itu praktis dibuat dan praktis dijumpai. Di bawah ini beberapa rujukan kerajinan tangan dari kertas bekas yang sanggup kau buat dan mungkin sanggup menjadi referensimu.

:

Inspirasi dan rujukan kerajinan tangan dari kertas

Image Source: bp-guide.id

1. Perahu Layar Pinisi


Sumber gambar youtube.com

Berkreasi dengan kertas sanggup menjadi acara bermain sekaligus mencar ilmu bagi anak dan sarana rekreasi bagi orang dewasa. Misalnya dengan menciptakan bahtera layar Pinisi. Kamu hanya perlu menyiapkan gunting, penggaris, lem kertas, pensil, dan kertas bekas.

Cara membuatnya, pertama linting kertas membentuk tiang memanjang dengan menggunakan pensil. Panjangnya sekitar 15 cm. Lakukan langkah yang sama hingga terbentuk empat tiang. Rekatkan ujung semua tiang, jadikan satu dan tekuk di bab tengah. Lalu, potonglah kertas kecil-kecil semoga bab bawah terisi. Bagian ujung kita isi dengan kepingan kertas kecil dalam bentuk horizontal. Jika bab bawah sudah diisi, kini kita isi bab kiri dengan cara serupa dan bab ujungnya diisi kepingan kertas secara horizontal. Ulangi langkah tadi pada bab kanan.

Sekarang, pasanglah tiang kapal di bab tengah, kemudian bab atas diisi kepingan kertas kecil-kecil. Agar kapal seimbang, buat lagi empat tiang dan tempel hingga menjadi persegi panjang. Tekuk bab ujung yang panjang. Lalu, tempelkan ke tubuh kapal. Untuk menciptakan layar, potong lagi kertas membentuk segitiga siku-siku, kemudian rekatkan pada tiang. Potong lagi satu tiang dengan ukuran panjang serupa ganjal segitiga siku-siku tadi dan tempelkan ke bawah layar.

Jadi, deh! Kamu sanggup menambahkan hiasan lain yang kau suka semoga penampilan kapal makin keren. Kalau bingung, buatlah sambil melihat video tutorial ini:



2. Pigura Kertas


Sumber gambar suzyssitcom.com

Kamu juga sanggup menciptakan pigura dengan kerajinan tangan dari kertas. Agar kesudahannya maksimal, gunakan kertas yang tebal, bahkan dirangkap juga lebih bagus. Bagian yang dirangkap ini berfungsi sebagai penampang. Di bab depan pigura, kau sanggup menempelkan gulungan-gulungan kertas kecil. Sesuaikan ukuran penampang dan gulungan kertas dengan ukuran pigura yang ingin kau buat. Kalau di rumahmu ada kertas bekas, pakai saja. Kertas dari majalah bekas sepakat juga. Jika ingin menambah kesan menarik, berarti kau perlu berburu kertas hias warna-warni di toko terdekat.

Selain kertas bekas, kau memerlukan kardus bekas yang halus, gunting, pisau, lem, dan tentunya foto yang ingin kau pajang. Caranya gampang: potong 2 lembar kardus yang ukurannya 5 cm lebih lebar dari foto pilihanmu. Lalu, potong satu kardus di bab tengahnya untuk muka foto, jangan lupa potong sesuai ukuran.

Kemudian, tempel foto di antara dua kardus tersebut. Bikin penyangga bingkai foto dengan kardus. Potong kertas majalah dengan ukuran panjang yang bervariasi, gulung kecil-kecil, dan rekatkan dengan lem. Atur gulungan-gulungan kertas tersebut pada pinggiran bingkai foto dan tempel menggunakan lem.

3. Vas Bunga


Sumber gambar www.oregonlive.com

Mau punya vas bunga dari kertas bekas? Bukan hal sulit kok, untuk membuatnya. Buat sendiri vas bungamu dengan menggunakan botol plastik bekas, tali, kertas hias, kertas bekas (bisa dari koran atau majalah), lem kertas, gunting, cutter, dan lem tembak.

Bagaimana caranya? Pertama, potong botol pada bab tengah dengan cutter. Lintinglah kertas sebanyak-banyaknya. Oles lem pada sisi luar botol bekas. Jangan panik kalau botol menjadi mengkerut, alasannya yaitu justru itu bab dari seni yang memperindah botol. Setelah dilem, tempelkan lintingan-lintingan koran pada botol tadi. Jika setengah bab dari botol sudah tertempel lintingan kertas, potonglah kertas yang tertempel mengikuti bentuk panjang botol. Lalu tempelkan lagi lintingan kertas hingga habis. Jangan lupa oleskan lem di bab luar botol dan rekatkan tali sebagai pemanis.

4. Bunga Kertas


Sumber gambar bp-guide.id

Ingin memberi kado untuk teman? Buat saja bunga dari kertas! Tentu ini lebih ekonomis sekaligus meningkatkan kreativitasmu. Tidak butuh banyak modal, hanya kertas berwarna (bisa menggunakan kertas krep), cotton bud (ukuran paling besar kalau ada), lem, dan gunting.

Untuk menciptakan bunga mawar, kau terlebih dulu harus menciptakan kelopak dari kertas, 8 kelopak ukuran kecil dan 8 kelopak ukuran besar. Gunting bab bawah kelopak besar, kemudian buatlah lengkung kecil di sisi atas kelopak supaya terlihat ibarat bunga betulan ketika direkatkan. Oleskan lem pada kelopak sebelum ditempelkan. Lalu, tata kelopak kecil, gres kelopak besar. Semakin lihai menyusun, semakin bagus bunganya.

5. Hiasan Kupu-kupu


Sumber gambar bp-guide.id

Kupu-kupu yang bagus sanggup kau jadikan embel-embel di setiap tempat, entah di buku catatan harian, bingkai foto, bungkus kado, dan sebagainya. Bahkan, sanggup juga kau pakai sebagai penghias ruangan dengan menggantungkannya di langit-langit rumah, lo!

Yang perlu kau siapkan yaitu kertas origami bermacam warna, pensil, penggaris, dan pita bermacam warna. Buat pola kupu-kupu terlebih dahulu menggunakan pensil dan penggaris sebanyak yang kau butuhkan. Kemudian, lipat kertas origami ke depan dan belakang. Setelahnya, ikatlah sisi tengah kertas origami dengan tali yang besar lengan berkuasa supaya tidak praktis copot. Rentangkan sayap kupu-kupu dari lipatan tersebut.

Sekarang sudah tampak kupu-kupu buatan tanganmu sendiri. Makin bagus kalau kau menggantungkannya dengan cara menyatukan beberapa kupu-kupu pada seutas tali menjadi satu rangkaian, kemudian gantung di dinding atau atap. Saat ada angin lewat, kupu-kupumu pun terlihat ibarat sedang terbang.

6. Burung Kertas


Sumber gambar bp-guide.id

Kerajinan tangan dari kertas berbentuk burung juga bagus digantung di kamar atau ruangan dalam rumah. Bahkan hiasan burung bakal menambah suasana damai dan nyaman. Untuk membuatnya, kau membutuhkan kertas origami warna-warni.

Cara membuatnya, lipat kertas tersebut menjadi segitiga, tetapi pastikan sisi berwarnanya ada di dalam lipatan. Ambil satu bab sisi origami, lipat ke tengah, dan lipat bab atas ke belakang. Lipat terbalik pada bab luar origami, kemudian lipat lagi bab bawah ke depan dan belakang. Lipat sesuai pola burung, sedangkan pada kepala burung kau sanggup membentuknya dengan melipat ke dalam. Lalu, lipat sisi kiri ke dalam dan lipat ekor ke luar. Burung camarmu siap dipajang!

7. Pop-up Card


Sumber gambar bp-guide.id

Wah, kerajinan tangan satu ini dijamin bakal melatih kreativitasmu. Pop-up card makin terkenal di periode kini alasannya yaitu bentuknya yang lucu. Bisa digunakan sebagai kartu ucapan atau kartu undangan. Desain uniknya bakal bikin peserta kartu makin terkesan. Pasti mereka bahagia deh, kalau diberi kartu ibarat ini. Tidak percaya? Bikin sendiri, yuk!

Sediakan gunting, kertas lipat, kertas karton atau asturo, lem, pensil, dan penggaris. Siap? Pertama, potong dan tekuk kertas sesuai pola yang kau inginkan. Tambahkan manik-manik atau hiasan lain sebagai pemanis. Kamu juga sanggup menciptakan bunga atau kupu-kupu dari kertas lipat semoga kartu buatanmu makin cantik.

8. Tas Jinjing


Sumber gambar bp-guide.id

Tas jinjing dari kertas lebih dikenal dengan nama paper bag. Tidak abnormal kan, dengan yang satu ini? Karena terbuat dari kertas, kau hanya sanggup menggunakannya untuk membawa barang yang ringan dan tidak banyak. Di periode sekarang, paper bag banyak digunakan sebagai wadah kado atau hadiah. Hadiah yang ingin diberikan kepada seseorang tidak perlu dibungkus kertas kado, kau sanggup eksklusif memasukkannya ke dalam paper bag. Ada banyak sekali macam model paper bag yang sanggup kau temui di toko alat tulis hingga pasar swalayan. Tapi tahukah kau bahwa kau sanggup membuatnya sendiri? Tentu lebih ekonomis dan berkesan.

Kamu tinggal menyiapkan kertas kado atau kertas lain ibarat yang kau inginkan, karton, gunting, perekat double tape, pita atau tali lain, dan pembolong kertas. Jika semua sudah siap, gunting terlebih dulu kertas kado sesuai ukuran yang kau butuhkan. Tetapi, lebihkan ukuran panjang dan tingginya menjadi 2 kali dari ukuran barang yang akan kau masukkan ke paper bag.

Langkah selanjutnya, tempel perekat double tape di sisi samping, mulai dari atas hingga ke bawah. Rekatkan ujung yang berlawanan pada bab yang ada double tape. Pindahkan bab sambungan ke samping, sehingga sambungan antar kertas tertutup. Sekarang, lipat sisi bawah kertas, lipat juga kedua ujung yang terlipat, hingga membentuk segitiga. Lipat sisi atas dan bawah, lebih dari setengah yang telah terlipat.

Kemudian rekatkan bab atas dan bawah yang sudah terlipat, tetapi jangan hingga melekat dengan sisi dalam kertas ya, cukup disambungkan saja bab yang terlipat. Lipat lagi sisi atas, kemudian gunting ujung-ujung yang telah terlipat sesuai panjangnya. Kemudian, potong karton sesuai tinggi dan lebar bab atas yang sudah dilipat. Sediakan lagi 2 potong karton berukuran sama. Satukan karton pada sisi dalam lipatan, rekatkan lagi ke dalam lipatan. Karton di sini berfungsi menguatkan sisi atas yang dilipat.

Setelah itu, buat empat lubang dengan pembolong kertas, pastikan jaraknya sejajar dan sama. Jika sudah, masukkan tali ke dalam sebuah lubang. Ikatlah tali dan lakukan lagi pada lubang lain. Taraaa! Kini, paper bag buatanmu sudah siap pakai!

9. Paper Craft


Sumber gambar bp-guide.id

Kerajinan tangan dari kertas satu ini juga heboh di Indonesia, bahkan sudah ada komunitas khususnya, lo. Paper craft yaitu sebutan untuk seni memotong, melipat, serta menyambungkan kertas hingga membentuk suatu objek yang kita inginkan, contohnya mobil, binatang, rumah, dan sebagainya. Mirip origami, ya? Betul, paper craft memang versi terbaru dari origami, tetapi bentuk paper craft lebih ibarat dengan bentuk objek asli.

Hal yang paling penting untuk disiapkan pertama kali yaitu pola dari objek yang ingin kita buat, entah itu benda, benda mati, atau apa pun. Jika temanmu mengidolakan Harry Potter dan kau ingin memperlihatkan paper craft tokoh Harry Potter, unduh polanya di situs web khusus kumpulan pola berjulukan Papertoys. Dia niscaya bahagia melihat Harry Potter bangkit di depan matanya! Dalam bentuk mainan kertas, tentunya.

Selanjutnya siapkan kertas, printer, dan gunting, serta lem. Cetak pola yang kau dapatkan, kemudian gunting, dan rekatkan sesuai pola. Paper craft buatanmu pun sudah jadi.

10. Keranjang Kertas


Sumber gambar www.youtube.com

Keranjang dari kertas? Buat apa, ya? Jangan salah, kau sanggup menggunakan keranjang kertas ini sebagai kado dan pajangan embel-embel ruangan. Luangkan waktumu untuk melaksanakan acara kerajinan tangan yang menyenangkan ini. Hal yang paling penting dari kerajinan ini yaitu praktis dibikin. Lakukan eksplorasi lebih banyak bentuk dan motif keranjang semoga lebih menarik.

Untuk langkah pertama, siapkan dulu kepingan kertas panjang sebagai modal anyaman keranjang. Pakai tiga karton ukuran 21,25 x 27,5 cm. Pada bab atas kertas yang menjadi ganjal keranjang, buatlah garis horizontal dengan ukuran 8,75 cm dari sisi atas dan sebuah garis dengan ukuran 8,75 cm dari sisi bawah. Kedua garis ini bakal membantumu menyusun bab bawah keranjang. Lalu, potong-potong kertas selebar 12,5 cm. Gunakan satu karton tebal warna netral (hitam, cokelat, putih, dan sebagainya) sebagai bab bawah keranjang. Pilih warna apa saja untuk dua lembar kertas lainnya. Pemilihan warna ini bakal memperbagus dekorasi keranjangmu.

Langkah kedua, anyamlah dasar keranjangmu. Taruh delapan kepingan kertas panjang secara berdampingan hingga garis pada setiap potongannya mengarah ke atas dan terbentuklah garis. Mulai dari atas garis, anyam kepingan lainnya yang berwarna sama lewat kepingan yang sudah kau buat, dimulai dari atas satu kepingan dan sesudahnya di bab bawah potongan. Seret kepingan kertas ke tengah secara horizontal sesuai kepingan hasil tatananmu.

Pakai kepingan kertas warna serupa, anyamlah lewat potongan-potongan lain, tapi dari arah berbeda dari pertama tadi. Jadi, kepingan ini bakal masuk di bawah kepingan pertama. Lalu, geser lagi kepingan kertas terakhir supaya rapat dan rapi. Lakukan langkah ini untuk delapan kepingan kertas berikutnya. Bagian bawah keranjang kini selesai dibuat, dan kesudahannya membentuk bujur kandang berukuran 10 x 10 cm, sempurna di bab dalam garis yang kau gambar di setiap kepingan kertas. Kini, kau punya delapan kepingan kertas bujur kandang dengan bab terurai ke luar sepanjang 8, 75 cm.

Ketiga, tekuk ke luar setiap kepingan kertas ke luar sisi keranjang, setiap sisi bakal tegak dengan ukuran tinggi yang sama. Letakkan sebuah kotak berukuran 10 x 10 cm pada bab tengah keranjang, kemudian lipat kertas ke arah kotak semoga langkah selanjutnya praktis kau lakukan.
Anyamlah kepingan kertas warna di tengah kepingan kertas yang kini menjalar vertikal ke bab dasar. Lipatlah supaya sempurna membentuk sudut keranjang. Mungkin kau bakal butuh satu setengah kepingan kertas semoga keranjang berhasil dikelilingi.

Tempelkan dua kepingan kertas menggunakan lem, kemudian taruh sambungannya ke dalam keranjang semoga tertutupi kepingan kertas dari bawah keranjang. Sehingga, keranjangmu rapi tanpa terlihat sambungannya. Lalu, anyam lagi kepingan kertas hingga menutupi keranjang, dan lem kedua ujungnya kalau sudah selesai. Tutupi sambungannya dengan cara serupa tadi.

Ulangi langkah-langkah ini menggunakan kepingan kertas dengan warna yang sama. Lakukan dengan cara diselang-seling ke bawah dan atas kepingan kertas semoga hasil anyamannya berbentuk ibarat kotak catur. Setelah selesai, tempelkan ujung-ujung kepingan kertas dengan lem ke puncak kepingan kertas yang selesai kau anyam. Lalu, tempel kepingan kertas karton yang lebih lebar ke atas keranjangmu, taruh di atas kepingan kertas yang membujur. Tambahkan kepingan yang sama di bab luar ranjang. Kalau kau mau menambah pegangan, tempelkan dua kepingan kertas ke kedua sisi keranjang.

Nah, itulah banyak sekali kreasi kerajinan tangan dari kertas bekas yang sanggup Anda coba di rumah. Ide kreatif diatas sanggup kau rujukan untuk menambah referensimu dalam menciptakan kerajinan dari kertas bekas.

Demikian klarifikasi tentang kerajinan tangan dari kertas serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat.