9 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan

 Ya mungkin banyak dari para pembaca yang masih abnormal dengan daun ini 9 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan
Image Source: doktersehat.com

Apa manfaat daun insulin? Anda pernah mendengar daun insulin? Ya mungkin banyak dari para pembaca yang masih abnormal dengan daun ini. Namun, di kalangan masyarakat lainnya mungkin sebagian sudah ada yang mengetahui. Meski terdengar asing, daun insulin dengan bentuk panjang dan lebar ini mempunyai segudang khasiat yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya bermanfaat untuk kesehatan.

Daun insulin (Smallanthus sonchifolius) atau banyak disebut daun yakon ini merupakan tanaman obat yang mempunyai manfaat dan fungsi luar biasa untuk kesehatan kita. Daun insulin atau yang juga dikenal dengan daun yakon ialah sebuah tanaman obat yang dipercaya mempunyai pengaruh baik untuk diabetes.

Namun tanaman insulin gres mulai ditanam secara luas beberapa tahun belakangan ini. Hal inilah yang mengakibatkan nama daun insulin atau daun yakon ini mulai dikenal masyarakat. Apa manfaat daun insulin untuk kesehatan? Yuk ketahui banyak sekali macam manfaat dari daun insulin untuk kesehatan.

:

Apa itu daun insulin?

Daun insulin juga sering disebut sebagai daun yakon atau Mexican sunflower. Tanaman ini memang mempunyai bunga berwarna kuning yang ibarat bunga matahari namun ukurannya memang tak sebesar bunga matahari. Daun yakon atau daun insulin mempunyai nama latin Smallanthus sonchifolius dan ternyata memang merupakan pecahan dari famili Asteraceae, sama mirip bunga matahari.

Tanaman insulin tidak hanya dikenal sebagai tanaman herbal, tapi sebagian masyarakat justru mengenalnya sebagai tanaman hias. Banyak yang percaya bahwa tanaman ini berasal dari Meksiko, tapi ada juga yang beropini bahwa tanaman ini berasal dari Brazil. Daun insulin atau daun yakon ini memang banyak ditemukan di kawasan Amerika Tengah dan Selatan.

Di Indonesia sendiri, budidaya daun insulin banyak ditemukan di kota yang memliki iklim tropis mirip Bandung dan Wonosobo. Selain mendapat manfaat daun insulin dari membudidayakannya, Anda juga bisa mendapat manfaat daun insulin melalui ekstrak daun insulin yang bisa Anda temukan di pasaran.

Daun insulin mengandung banyak sekali senyawa yang baik untuk tubuh. Terdapat kandungan fruktosa yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan gula darah, kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan, dan kandungan senyawa lainnya yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antidiabetik.

Manfaat daun insulin bagi kesehatan

Apa keuntungannya daun insulin? Daun insulin mempunyai bunga yang indah sehingga banyak yang menjadikannya tanaman hias. Tapi dibalik keindahannya tersebut siapa sangka bahwa terdapat banyak sekali khasiat daun insulin bagi kesehatan tubuh. Berikut ialah beberapa manfaat daun insulin yang bisa Anda rasakan:

1. Mencegah dan mengobati diabetes

Apa khasiat daun insulin? Manfaat daun insulin yang pertama ialah tentu saja sanggup mengatasi penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, risikonya diketahui bahwa daun insulin bisa untuk menurunkan kadar gula dalam darah.Daun insulin juga diketahui mengandung senyawa aloksa yang bisa merangsang produksi hormon insulin.

Perlu diketahui bahwa tugas hormon insulin sangat penting dalam hal mengatur kadar gula dalam darah. Sayangnya beberapa peneliti tidak menyarankan pengobatan diabetes jangka panjang dengan daun ini alasannya ialah ditakutkan akan memperlihatkan pengaruh negatif pada ginjal.

2. Sebagai antioksidan

Khasiat daun insulin yang kedua ialah bisa menjadi antioksidan bagi tubuh. Daun insulin mengandung banyak senyawa antioksidan mirip flavonoid, glikosida, saponin, tanin, alkaloid, dan masih banyak lagi. Senyawa-senyawa ini bisa membantu melawan banyak sekali radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari banyak sekali gangguan tubuh, termasuk juga menjadi salah satu penyebab kanker.

3. Mengontrol kolesterol

Manfaat daun insulin selanjutnya ialah bisa untuk mengontrol kolestrol dalam tubuh. Kolestrol dalam darah diikat oleh zat lipoprotein. Kondisi di mana kadar lipoprotein tinggi bisa disebut dengan hiperlipidemia, kondisi ini cukup berbahaya dan bisa meningkatkan risiko banyak sekali penyakit kardiovaskular.

Khasiat daun insulin ialah untuk mengatasi kondisi hiperlipidemia dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), serum kolesterol, dan juga trigliserida. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit mirip serangan jantung, stroke, dan arteri koroner juga akan menurun.

4. Baik untuk pencernaan

Manfaat daun insulin yang keempat ialah sanggup merawat sistem pencernaan. Daun insulin mengandung probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan dan memaksimalkan proses peresapan vitamin dan mineral dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Daun insulin juga bisa mengatasi banyak sekali dilema pencernaan lainnya mirip sembelit, perut kembung, tukak lambung, dan dilema pencernaan serius lainnya.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain diakibatkan oleh tingkat kolesterol yang tinggi, penyakit mirip serangan jantung dan stroke juga bisa dipicu oleh tekanan darah tinggi. Tentunya ini menciptakan kita dihentikan menyepelekan kondisi tekanan darah tinggi. Sedangkan penyakit ini umumnya menjadi penyakit kambuhan yang hampir tidak bisa sembuh secara total.

Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi darah tinggi ialah dengan obat herbal. Daun insulin bisa menjadi salah satu pilihan obat herbal yang membantu Anda menurunkan tekanan darah. Daun ini diklaim bisa untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 5 sampai 10%.

6. Sebagai obat diuretik

Manfaat daun insulin selanjutnya ialah sebagai obat diuretik. Obat jenis ini mempunyai fungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Daun insulin bekerja dengan cara meningkatkan kadar natrium dan kalium untuk menghasilkan pengaruh diuresis. Obat diuretik umumnya dibutuhkan untuk mengatasi banyak sekali penyakit yang mengakibatkan edema atau penumpukan cairan dalam tubuh dan juga mengatasi hipertensi.

7. Sebagai analgesik

Khasiat daun insulin selanjutnya ialah bisa berperan sebagai analgesik. Jenis obat-obatan analgesik mempunyai fungsi untuk meredakan banyak sekali macam nyeri atau rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Analgesik umumnya akan digabungkan dengan jenis obat-obatan lain alasannya ialah hanya sanggup mengobati tanda-tanda saja, bukan menyembuhkan penyakit secara keseluruhan.

8. Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Manfaat daun insulin selanjutnya ialah untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari banyak sekali penyakit. Daun insulin bisa bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur yang bisa untuk melindungi tubuh dari banyak sekali nanah bakteri, virus, maupun jamur.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat yang terakhir ini bukan merupakan manfaat daun insulin, melainkan manfaat dari buah atau umbi dari tanaman insulin. Akar yakon mempunyai bentuk yang mirip dengan ubi dan juga mempunyai rasa yang manis. Yakon mengandung kalori yang sangat rendah dan juga serat yang tinggi sehingga menciptakan umbi yang satu ini sangat cocok untuk menjadi salah satu hidangan untuk Anda yang sedang berdiet.

Nah, benar bukan bila manfaat daun insulin bukan hanya untuk dijadikan tanaman hias saja? Khasiat daun insulin untuk kesehatan memang sangat banyak. Kemungkinan masih banyak lagi manfaat daun insulin yang belum diketahui sampai ketika ini. Tapi penggunaan daun insulin sebagai tanaman herbal sebaiknya dilakukan dengan hati-hati.

Pada dasarnya masih harus dilakukan banyak sekali penelitian untuk mengetahui pengaruh samping yang mungkin terjadi pada penggunaan daun insulin sebagai obat herbal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan daun insulin untuk jangka panjang tidak disarankan alasannya ialah diduga memperlihatkan pengaruh kurang baik pada ginjal.

Itulah beberapa manfaat daun insulin bila Anda konsumsi. Jika Anda memakai daun insulin sebagai pengobatan, usahakan untuk tidak menggunakannya untuk jangka panjang. Ada baiknya Anda juga berkonsultasi ke dokter terlebih dulu perihal kondisi Anda, biar sanggup mengetahui apakah pengobatan dengan daun insulin diharapkan atau tidak.

Demikian klarifikasi perihal apa saja manfaat daun insulin. Semoga bermanfaat.