Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat, Hanya 5 Langkah

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat, Hanya 5 Langkah
Image Source: appletreebsd.com

Bagaimana cara mengajari anak membaca? Hobi membaca buku harus mulai ditanamkan semenjak kecil semoga terus berlanjut hingga dewasa. Nah, bagaimana cara mengajarkan anak mulai semenjak dini? Setiap orangtua pastinya berharap semoga anak mereka yang masih kecil atau sedang dalam masa pertumbuhan memang sangat menjadi idaman setiap orang tua, salah satunya dalam membaca.

Lima tahun pertama yakni masa emas tumbuh kembang anak. Baik dari segi fisik atau pun mental. Di sanalah belum dewasa mempunyai ketenangan dan rasa nyaman. Tentu mengajari anak membaca di rumah yakni cara yang paling efektif dan cepat.

Namun masalahnya, bukan hal gampang mengajarkan anak membaca semenjak dini. Karakter anak yang selalu ingin bermain dan moody tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Membaca dan menulis memang penting sih, tapi jangan hingga kita sebagai orang bau tanah berambisi menciptakan anak dapat membaca dan menulis dengan cara yang menciptakan anak semakin malas.

Bagaimana cara mengajari anak membaca dengan cepat? Tidak ada salahnya mengajak anak berguru membaca semenjak dini. Namun,bagaimana cara sempurna semoga si kecil cepat berguru membaca? Coba beberapa cara efektif mengajari anak membaca berikut ini.

:

5 Langkah gampang cara mengajari anak membaca dengan cepat

1. Mulailah dengan mengenalkan huruf

Bagaimana cara mengajar anak membaca cepat? Mengajari anak membaca harus dimulai secara sedikit demi sedikit ya Bunda. Sebagai langkah awalnya, Bunda dapat memperkenalkan huruf-huruf huruf kepada si kecil. Mintalah dia untuk mengucapkannya sehabis Bunda. Lalu, ajarkan si kecil untuk menghafal urutan hurufnya, mulai dari A hingga Z. Tak perlu eksklusif semuanya, Bunda dapat mengajarinya menghafal 5 huruf setiap harinya.

2. Lanjutkan dengan mengenalkan huruf vokal dan konsonan

Setelah si kecil telah mengerti dan paham gugusan huruf huruf dan cara melafalkannya serta mengetahui urutannya, Bunda dapat melanjutkan ke tahap mengenalkannya pada huruf vokal dan konsonan. Berikan contoh-contohnya dan ajari si kecil bagaimana melafalkannya. Tidak perlu buru-buru ya Bunda, semoga si kecil tidak merasa jenuh dan menjadi gampang bosan.

3. Memasuki tahapan cara membaca kata demi kata

Kini, si kecil telah hebat menyebutkan urutan huruf, juga jenis huruf vokal dan konsonan. Sebelum masuk ke tahapan ini, Bunda dapat mengulangi tahapan nomor 1 dan 2 hingga si kecil benar-benar menguasainya ya. Untuk tahapan ini, si kecil akan berguru bagaimana membaca kata demi kata. Bunda dapat membantunya mengeja huruf per huruf untuk memudahkannya.

Saat melatih si kecil mengucap kata, sebaiknya pilihlah kata-kata yang lebih gampang diingat dan biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari. Bunda dapat memulainya dengan dua suku kata terlebih dahulu, menyerupai bola, gigi, kuku, dan lainnya. Secara bertahap, Bunda dapat menaikkan tingkat kesulitannya, menyerupai makan, tidur, pergi, dan lainnya.

4. Belajar mengeja dengan lagu

Cara mengajari anak membaca berikutnya yang dapat Bunda terapkan yakni berguru mengeja dengan lagu. Cara ini banyak dipakai oleh para orang bau tanah untuk mencegah si kecil merasa bosan ketika belajar. Selain itu, berguru dengan lagu akan menciptakan si kecil lebih gampang mengingat. Bunda dapat mengarang lagu-lagu yang gampang diingat, atau mengubah lirik lagu anak yang sudah ada.

5. Belajar membaca dengan kartu

Selain dengan lagu, Bunda dapat mengajari si kecil membaca dengan kartu huruf. Umumnya, kartu huruf mempunyai gambar yang menarik, sehingga si kecil akan lebih bersemangat ketika belajar. Dengan kartu ini, Bunda dapat menyusun kata atau menawarkan gambar pada si kecil dan memintanya untuk mengeja.

Dalam mengajari anak membaca, diperlukan ketelatenan dan kesabaran yang tidak sedikit. Dan yang terpenting, Bunda dilarang mengalah ya. Ajarilah si kecil membaca secara rutin, minimal 10 menit setiap hari. Tak perlu harus serius kok, Bunda, justru buatlah berguru si kecil menjadi menyenangkan, menyerupai sambil mengajaknya bermain.

Nah, itulah beberapa cara mengajari anak membaca dengan cepat dan efektif dirumah. Jika si kecil mulai menawarkan gejala bosan, Bunda tak perlu memaksanya untuk tetap berlatih meskipun dia gres berguru kurang dari lima menit. Bunda dapat membiarkannya bermain atau pun melaksanakan hal yang dia sukai dan melanjutkan berlatih membaca pada sore atau malam hari sebelum si kecil pergi tidur.

Demikian klarifikasi tentang cara mengajari anak membaca dengan gampang dan cepat. Semoga bermanfaat.