Jangan Hingga Dikonsumsi, Ini 15 Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil

 Apa masakan yang dihentikan untuk ibu hamil Jangan Sampai Dikonsumsi, ini 15 Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil
Image Source: doktersehat.com


Apa masakan yang dihentikan untuk ibu hamil? Saat hamil, bunda memang disarankan mengonsumsi banyak masakan bergizi, dan salah satu sumber pangan yang dimaksud yakni masakan yang menyehatkan bagi janin dan ibu. Ibu hamil perlu cermat dalam mempersiapkan makanan. Sebab, sebagian jenis masakan mungkin tak kondusif untuk dikonsumsi. Apa saja masakan yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil? Yuk cari tahu masakan yang sehat untuk Anda!

Ibu hamil pastinya ingin selalu menawarkan yang terbaik untuk janinnya. Salah satunya yakni dengan mengontrol masakan yang ibu makan. Tentu ibu hamil perlu mengetahui masakan apa saja yang dihentikan untuk dikonsumsi. Menentukan masakan yang dihentikan untuk ibu hamil bisa menjadi hal yang membingungkan. Anda perlu mempunyai daftar masakan ini, tapi persoalan ini tentunya perlu diperhatikan.

Ada masakan yang boleh dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk ibu hamil dan ada pula yang dilarang. Umumnya sangat banyak sekali pertanyaan di kalangan para ibu hamil. Salah satunya apa saja masakan yang dihentikan untuk ibu hamil?

Nah, untuk lebih jelasnya lagi simak apa saja masakan yang kurang baik bila dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil di .

Baca: 13 Makanan yang Dilarang Saat Hamil Bisa Menimbulkan Kecacatan pada Bayi


Baca: Lagi Hamil Apa-apa Kok Dimakan, Ketahui Juga ini Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

15 Makanan yang dihentikan untuk ibu hamil

1. Keju lembut

Apa saja masakan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Mengonsumsi keju lembut sanggup memberi pengaruh jelek bagi ibu hamil. Kemungkinan di dalam keju tersebut mengandung basil penyebab nanah yang disebut listeria. Lebih baik jangan memakan varian keju menyerupai gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dll.

Lebih baik, makan keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan menyerupai bakteri). Konsumsi keju parmesan dan cheddar bisa menjadi pilihan yang bisa dimakan ketika hamil.

2. Daging dan ikan

Ibu hamil perlu berhati-hati pada beberapa olahan daging dan ikan. Untuk daging, pastikan sudah dimasak dengan matang sempurna. Jika warna merah gampang pada daging masih terlihat, perlu diwaspadai alasannya kemungkinan terkandung basil dan toxoplasma yang bisa mengakibatkan infeksi.

Kewaspadaan juga berlaku pada sosis atau olahan daging serupa alasannya adanya basil Listeria di dalamnya. Bakteri ini juga terdapat pada ikan asap, menyerupai salmon atau tuna asap yang disimpan dalam pendingin.

Baca: Apakah Daging Kambing Berbahaya Bagi Kesehatan?

Jika tetap ingin memakannya, maka perlu dipanaskan dengan api kecil terlebih dahulu. Hal ini akan bisa membunuh basil listeria dan menciptakan ikan dan daging menjadi kondusif dikonsumsi.

3. Jus peras segar

Konsumsi jus segar dan didapat eksklusif dari buahnya memang menciptakan tubuh lebih bugar. Namun ternyata, ada risiko terdapat basil E. Coli dan Salmonella di dalamnya. Hal ini tentu berbahaya bagi bumil dan janin. Karenanya, Moms boleh membeli jus kemasan alasannya biasanya jus ini sudah melalui proses pasteurisasi. Yang terpenting yakni cek label setiap jus kemasan untuk memastikan hal-hal tersebut.

Baca: Termasuk Jeruk, Jangan Mengkonsumsi 4 Jenis Makanan Ini, Bahaya!!

4. Sushi mentah

Beberapa jenis sushi disajikan dengan materi mentah menyerupai ikan yang bahkan tidak dibekukan atau melalui proses khusus supaya kondusif dimakan. Hal ini memungkinkan sushi tersebut mengandung benalu yang bisa mengakibatkan suatu penyakit muncul, bahkan pada ibu hamil. Karenanya, penting untuk konsumsi masakan maritim ataupun daging yang matang tepat untuk menghindari hal tersebut.

5. Adonan mentah

Saat ingin menciptakan camilan anggun atau roti, ibu hamil terkadang mencicipinya untuk memastikan bahwa rasanya enak. Ternyata, hal ini pun tidak boleh dilakukan alasannya campuran tersebut niscaya memakai telur. Jika campuran mentah ini dicicipi sesedikit apapun, basil salmonella bisa masuk ke dalam tubuh.

Salmonella sendiri bisa menjadi sumber aneka macam penyakit untuk ibu dan anaknya di dalam kandungan. Untuk itu, hindari mencicip campuran mentah selama kehamilan menjadi keputusan terbaik, ya.

6. Saus caesar salad

Membuat salad tentu belum lengkap tanpa saus menyerupai saus Caesar atau mayonnaise. Tapi kandungan telur di dalam saus ini akan berbahaya ketika Anda mencoba membuatnya sendiri. Untuk itu, pilih saus yang sudah melalui proses pematangan terlebih dahulu atau saus lain yang tidak mengandung telur di dalamnya.

7. Ikan tinggi merkuri

Konsumsi ikan memang baik, terutama ketika masa kehamilan. Tetapi bukan berarti setiap ikan bisa dikonsumsi dengan bebas. Jenis ikan menyerupai swordfish, tile-fish, king mackerel, bahkan ikan hiu wajib dihindari ibu hamil. Maka sebagai pilihan, ikan salmon, tuna, dan cod bisa dikonsumsi, tentu dalam kondisi yang sudah matang ya.

8. Buah dan sayur segar

Makan sayur dan buah segar memang menyehatkan, tapi pastikan sajian ini sudah dibersihkan terlebih dahulu. Cuci buah dan sayur di bawah air mengalir dan usap dengan perlahan untuk menghilangkan kandungan jelek di permukaannya. Hindari juga konsumsi buah dan sayur yang sudah sedikit terbuka, alasannya kemungkinan besar terdapat benalu atau basil jahat lainnya.

9. Kecambah mentah

Kumpulan jenis kecambah menyerupai touge, kacang hijau, dan lobak banyak mempunyai kandungan bakteri, terutama di biji mereka. Untuk itu, hindari konsumsi kecambah mentah baik di rumah maupun ketika makan di restoran lainnya.

10. Kerang mentah

Moms boleh kok makan kerang yang sudah dimasak dengan baik, tapi tidak dengan kerang mentah. Menu mentah ini meningkatkan risiko kandungan bakteri, virus, racun, dan hal jelek lainnya. Sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang mengandung, ya.

11. Makanan simpanan

Setelah memasak makanan, jangan dibiarkan di udara terbuka atau simpan saja di dalam kulkas. Bagi ibu hamil, akan berbahaya bila mengkonsumsi masakan yang sudah dibiarkan selama dua jam di udara terbuka tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan kontaminasi yang terjadi dan bisa menimbulkan basil yang merugikan.

Baca: [CATAT] Jangan Simpan 3 Makanan Ini dalam Freezer

Baca: 11 Cara ini Bisa Bantu Mama Muda Untuk Menyimpan Makanan Dalam Kulkas Dengan Benar

12. Susu segar

Susu segar atau yang gres diperah dari sapi tidak sepenuhnya menyehatkan. Terdapat basil yang masuk pada susu dan belum mati bila tidak dimasak terlebih dahulu. Maka ibu hamil perlu menghindari konsumsi susu segar ini ketika hamil.

13. Kelebihan kafein

Konsumsi minuman berkafein menjadi hal penting untuk banyak orang. Baik teh, kopi, cokelat, soda, dan minuman cuek lainnya sering diminum untuk sekedar relaksasi sesaat. Tapi untuk ibu hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein berlebihan ya. Ingat, dosis maksimal yang bisa dinikmati ibu ketika mengandung hanya 200g per hari.

14. Alkohol

Alkohol bahwasanya bukan pilihan yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan sanggup mengakibatkan beberapa komplikasi kesehatan dan kelahiran, menyerupai keguguran, kelahiran prematur, berat lahir rendah, dll. Konsumsi alkohol selama kehamilan juga diketahui mengakibatkan Sindrom Alkohol Janin sehingga anak bisa lahir dalam kondisi cacat nantinya.

15. Telur mentah

Telur mentah dalam bentuk apapun di dalam adonan, saus, dimasak sebagai eggnog atau jenis lainnya sanggup mengakibatkan nanah alasannya adanya salmonella. Tapi Anda bisa menikmati masakan sehat ini bila dimasak sampai matang.

Nah, itulah 15 masakan yang dihentikan untuk ibu hamil supaya kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Agar kehamilan berjalan dengan baik sebaiknya Anda juga perlu konsultasi kepada dokter.

Demikian klarifikasi tentang makanan apa saja yang dihentikan untuk ibu hamil muda. Semoga bermanfaat.