Pengertian, Gejala, Dan Penyebab Penyakit Kerikil Ginjal Beserta Obatnya

 dan Penyebab Penyakit Batu Ginjal Beserta Obatnya Pengertian, Gejala, dan Penyebab Penyakit Batu Ginjal Beserta Obatnya
Image Source: hellosehat.com

Apa itu penyakit watu ginjal? Penyakit watu ginjal atau nefrolitiasis yakni pembentukan materi keras ibarat watu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Tanda-tanda keberadaan watu ginjal gres sanggup dirasakan ketika watu berukuran besar dan tertahan dalam ginjal, berpindah ke dalam ureter, atau ketika terjadi infeksi.

Gambaran klinis dari penyakit watu ginjal yakni sama dengan yang terdapat pada pyelitis kecuali bahwa sakit yang terlihat yakni lebih parah. Gejala yang sangat kasatmata yakni serangan kolik. Tertimbunnya urine lantaran terhalang keluar menimbulkan gejala-gejala uremik.

Apa penyakit watu ginjal berbahaya? Karena watu ginjal sanggup memicu duduk kasus lain yang lebih serius maka dari itu Anda wajib sekali mengenali tanda-tanda penyakit watu ginjal.

Perlu diketahui juga bahwa obat watu ginjal tidak selalu harus diatasi dengan operasi. Simak cara mengobati, pencegahan dan lain yang harus Anda tahu wacana watu ginjal di sini.

:

Apa itu watu ginjal (kencing batu)?

Batu di ginjal yakni endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Prosesnya disebut nephrolithiasis. Penyakit watu ginjal atau kencing watu ini biasanya berukuran sangat kecil atau sanggup mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran watu yang lebih besar yang mengisi jalan masuk yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut watu staghorn.

Seberapa umumkah penyakit watu yang terdapat ginjal?

Penyakit watu ginjal atau kencing watu umum terjadi, yang biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit watu ginjal atau kencing watu sanggup diatasi dengan mengurangi faktor-faktor yang berisiko untuk kesehatan kita. Harap berdiskusi dengan dokter Anda untuk info lebih lanjut.

Tanda-tanda & tanda-tanda penyakit watu ginjal

Apa saja tanda-tanda watu ginjal?

Sepertiga dari orang-orang di dunia mempunyai kondisi adanya watu pada ginjal mereka, tapi hanya setengahnya yang punya tanda-tanda watu ginjal.

Meski tanpa gejala, watu pada  ginjal sanggup menimbulkan masalah, mirip nanah dan penyumbatan anutan kencing. Batu yang tersangkut di kandung kemih akan mengakibatkan kencing watu dan memunculkan banyak gejala.

Gejala watu ginjal yang biasanya terjadi yakni sakit luar biasa (urinary colic) yang tiba dan pergi, dan biasanya bergerak dari belahan samping belakang (flank) ke belahan bawah perut (abdomen). Gejala watu ginjal umum lainnya termasuk :
  1. Sakit pinggang, paha, selangkangan, dan kemaluan
  2. Darah dalam urin
  3. Mual dan muntah-muntah
  4. Jika kencing watu yang disebabkan oleh watu kristal di ginjal menimbulkan infeksi, Anda harus segera periksakan ke dokter. Gejala watu ginjal lainnya  sanggup berupa meriang, demam, berkeringat, dan buang air kecil yang sering, mendesak, serta terasa sakit.
Masih banyak tanda-tanda atau tanda-tanda watu ginjal yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda punya duduk kasus dengan salah satu gejalanya, harap konsultasi dengan dokter Anda.

Kapan sebaiknya saya bertemu dokter?

Anda sebaiknya menghubungi dokter jikalau Anda mengalami beberapa tanda-tanda watu ginjal seperti:
  1. Muntah-muntah parah, sakit teramat sangat yang menciptakan Anda tidak sanggup duduk diam
  2. Rasa sakit disertai mual dan muntah-muntah
  3. Rasa sakit disertai demam dan meriang
  4. Kencing berdarah
  5. Susah buang air kecil, yang mana ini merupakan salah satu tanda-tanda watu ginjal yang paling umum

Penyebab penyakit watu ginjal

Apa penyebab watu ginjal?

Penyebab dari penyakit watu ginjal atau kencing watu sanggup terbentuk jikalau urin atau air kencing yang mengandung terlalu banyak materi kimia. Bahan kimia tersebut mirip kalsium, asam urat, sistin, atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium).

Melakukan diet yang sangat tinggi protein dan meminum terlalu sedikit air akan meningkatkan risiko penyebab watu ginjal muncul. Faktanya, sekitar 85% watu di ginjal penyebab kencing watu terbuat dari zat kalsium. Batu asam urat terjadi lebih sering jikalau Anda juga menderita encok. Batu struvite terbentuk lebih sering di dalam urin yang terinfeksi (batu infeksi).

Jenis watu yang mengakibatkan kencing batu

Apakah penyakit watu ginjal itu berbahaya? Para dokter telah menemukan empat jenis kandungan utama dari penyebab watu ginjal:

1. Tumpukan kalsium

Kencing watu sering disebabkan oleh watu ginjal yang mengandung kalsium. Kelebihan kalsium sanggup menjadi penyebab watu ginjal. Pasalnya, kalsium yang tidak digunakan oleh tulang dan otot pergi ke ginjal.

Pada kebanyakan orang, ginjal mengeluarkan ekstra kalsium bersamaan dengan sisa urin. Orang yang mempunyai watu kalsium menyimpan kalsium dalam ginjal mereka.

Kalsium yang tetap berada di belakang bergabung dengan produk-produk limbah lain untuk membentuk batu. Seseorang sanggup mempunyai kalsium oksalat dan watu kalsium fosfat, meskipun watu kalsium oksalat lebih umum.

2. Asam urat tinggi

Sebuah watu asam urat juga sanggup terbentuk ketika air seni mengandung terlalu banyak asam. Orang-orang yang makan banyak daging, ikan, dan kerang mungkin terkena watu asam urat.

3. Infeksi ginjal

Batu struvite di ginjal, juga sanggup terbentuk sehabis Anda mempunyai nanah ginjal.

4. Faktor genetik

Batu sistin yakni hasil dari kelainan genetik, yang berarti duduk kasus diturunkan dari orangtua ke anak. Gangguan tersebut mengakibatkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urin.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko penyakit watu ginjal?

Ada banyak faktor-faktor risiko penyebab watu ginjal, mirip :
  1. Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami watu di ginjal. Bila ada keluarga yang pernah mengalami watu di ginjal, kemungkinan Anda juga sanggup terkena.
  2. Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan sanggup menjadi penyebab watu ginjal.
  3. Diet-diet tertentu, mirip diet yang tinggi protein, sodium, dan gula sanggup menjadi risiko penyebab watu ginjal.
  4. Mengalami obesitas atau berat tubuh berlebih juga sanggup menjadi penyebab watu ginjal.
  5. Penyakit pencernaan dan operasi pencernaan. Operasi lambung (gastric bypass surgery), nanah usus, atau diare kronis sanggup mengakibatkan perubahan di dalam proses pencernaan yang memengaruhi absorpsi kalsium dan air, meningkatkan kadar tingkat pembentukan watu di dalam urin Anda.
  6. Kondisi medis lainnya juga sanggup meningkatkan risiko watu ginjal termasuk renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism, obat-obatan tertentu, dan beberapa nanah kandung kemih.

Obat & pengobatan watu ginjal

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti hikmah medis. Selalu konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan obat watu ginjal?

Pengobatan tergantung kepada beberapa hal, mirip ukuran dan jumlah batu, di mana dmereka berada, dan apakah ada nanah atau tidak. Kebanyakan watu keluar dari tubuh dengan sendirinya tanpa derma dokter. Obat-obatan sanggup digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Antibiotik diberikan jikalau ada infeksi.

Apakah penyakit watu ginjal harus dioperasi? Batu yang tidak keluar sendiri perlu dikeluarkan dengan derma hebat urologi. Seorang hebat urologi yakni dokter yang mempunyai spesialisasi di bidang penyakit jalan masuk kemih. Ahli urologi biasanya memakai alat yang panjang dan tipis (ureteroscope) untuk mengeceknya.

Kadang-kadang, dokter juga memakai gelombang kejut untuk memecahkan watu menjadi potongan-potongan kecil biar lebih gampang dikeluarkan. Pengobatan ini disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Tak jarang, diharapkan operasi watu ginjal untuk mengeluarkan batu-batu ini (percutaneous nephrolithotomy).

1. Operasi watu ginjal

Jika watu ginjal menghalangi jalan masuk kemih Anda, Anda membutuhkan tindakan seperti  operasi watu ginjal. Jika hanya ditemukan batu-batu kecil pada ginjal, biasanya ini tidak membutuhkan tindakan operasi watu ginjal.

Kemungkinan Anda butuh obat pereda nyeri untuk meredakan sakit di belahan perut atau ketika ingin buang air kecil. Jika Anda sering muntah atau tidak minum cukup cairan, Anda mungkin perlu untuk pergi ke rumah sakit dan mendapat cairan melalui jarum di lengan. Kemungkinan dokter juga akan menyarankan operasi watu ginjal di tahap ini.

Jika Anda mempunyai watu di ginjal yang besar atau jalan masuk kemih Anda diblokir, hebat urologi sanggup mengangkat watu atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan perawatan selain operasi watu ginjal berikut ini:

2. Ureteroscopy

Urolog akan memakai alat panjang, mirip tabung dengan lensa mata, yang disebut ureteroscope, untuk menemukan krital pada penyakit watu ginjal. Alat ini dimasukkan ke dalam uretra dan melalui kandung kemih ke ureter.

Setelah watu ditemukan, urologi sanggup mengangkat atau sanggup memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan energi laser.

3. Nephrolithotomy perkutan

Urolog memakai alat untuk melihat kawat-tipis, yang disebut nephroscope, untuk menemukan dan menghilangkan kristal watu pada penyakit watu ginjal.

Alat ini dimasukkan eksklusif ke dalam ginjal melalui luka kecil yang dibentuk di punggung Anda. Untuk masalah penyakit watu ginjal yang lebih parah, gelombang kejut juga sanggup digunakan untuk memecah watu menjadi potongan-potongan kecil.

4. Shock Wave Lithotripsy (SWL)

SWL merupakan salah satu  obat watu ginjal tanpa operasi yang sanggup Anda pilih. Metode ini digunakan untuk menghilangkan watu di ginjal atau di jalan masuk kencing.

Di sini, akan digunakan gelombang kejut difokuskan pada watu di ginjal memakai sinar-X atau ultrasound. Penembakan berulang memakai gelombang kejut biasanya mengakibatkan watu itu pecah menjadi potongan-potongan kecil

Pilihan pengobatan selain operasi watu ginjal

1. Coba banyak minum air

Dehidrasi merupakan salah satu faktor risiko utama yang sanggup menjadi penyebab terbentuknya watu di ginjal. Dengan minum air yang cukup setiap hari, ini sanggup menjadi obat watu ginjal tanpa operasi.

Upayakan untuk minum 12 gelas air per hari, lebih dari proposal sehari-hari yang berkisar sekitar 8 gelas perhari. Lakukan ini setiap hari dalam beberapa waktu.

Setelah minum air sebagai obat watu ginjal, jangan lupa juga perhatikan warna urin anda. Urin yang normal seharusnya berwarna bening.

Jika urin Anda mempunyai warna lain mirip kuning atau merah, tandanya ada yang salah dengan tubuh Anda. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat obat watu ginjal dan perawatan lebih lanjut.

2. Minum air lemon

Selain minum air putih, Anda sanggup menambahkan lemon segar di dalam air yang Anda minum tiap hari. Lemon yakni buah mengandung sitrat, yang merupakan materi kimia untuk mencegah pembentukan watu kalsium di dalam tubuh.

Sitrat juga sanggup memecah batu-batu kecil, memungkinkan mereka untuk melewati ginjal dengan lebih mudah. Air lemon sanggup menjadi obat watu ginjal alternatif bagi Anda.

3. Cuka apel

Cuka apel yakni minuman obat watu ginjal yang mengandung asam sitrat. Sama dengan lemon, bahwa asam sitrat pada cuka apel sanggup membantu melarutkan watu ginjal.

Obat watu ginjal ini sanggup meningkatkan asam pada lambung untuk mencegah pembentukan watu baru. Selain membantu zat keluar lewat ginjal lebih mudah, cuka sari apel juga sanggup meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya watu dalam jalan masuk kencing.

Sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari satu gelas 8 ons air campur cuka apel setiap hari, apalagi jikalau Anda menggunakannya sebagai minuman obat watu ginjal.

Jika tertelan dalam jumlah yang lebih besar, cuka sari apel sanggup mengakibatkan kadar kalium dan osteoporosis rendah. Penderita diabetes harus berhati-hati ketika meminum adonan ini. Pantau kadar gula darah Anda dengan hati-hati sepanjang hari.

Hindari juga meminum adonan air dan cuka apel jikalau Anda mengonsumsi beberapa obat berikut:
  • Insulin
  • digoxin (Digox)
  • Diuretik, mirip spironolakton (Aldactone)

Apa tes yang paling umum untuk mendeteksi tanda-tanda watu ginjal?

Dokter akan melihat riwayat medis, melaksanakan pengecekan fisik, dan tes urin. Pengecekan dengan x-ray atau ultrasound terhadap perut Anda sanggup dilakukan jikalau dibutuhkan. Tes ini sanggup mengungkap sebagian besar jenis watu (kalsium, cystine, dan watu struvite).

Namun x-ray tidak sanggup mengatakan watu asam urat dan juga akan melewatkan batu-batu yang lebih kecil. Computed Tomography (CT) di jalan masuk kemih yakni tes terbaik untuk mendiagnosa watu dan mendeteksi penyakit lain yang sanggup mengakibatkan tanda-tanda yang serupa dengan watu pada ginjal.

Sangat jarang terjadi, namun jikalau diagnosisnya belum jelas, akan dilakukan studi x-ray Istimewa (intravenous pyelogram, atau IVP). Dalam studi ini, zat pewarna akan digunakan untuk mewarnai kantong kemih dan membantu pencarian batu.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan di rumah yang membantu mengatasi watu yang terdapat pada ginjal?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut ini sanggup membantu Anda mengatasi watu di ginjal:
  1. Minum semua obat yang diberikan
  2. Ikutin saran dokter wacana teladan makan
  3. Banyak minum cairan, paling tidak 2-3 liter perhari
  4. Hubungi dokter Anda jikalau kondisi memburuk.
  5. Jika Anda mempunyai pertanyaan lain, harap konsultasi dengan dokter Anda untuk lebih memahami solusi terbaik untuk Anda.

Pencegahan

Berikut cara mencegah penyakit watu ginjal.

1. Minum air yang banyak

Minum air setidaknya 8 gelas per hari. Perbanyak asupan air putih Anda jikalau kegiatan fisik Anda tergolong padat dan sering berkeringat. Rajin minum air sanggup menurunkan risiko pembentukan watu di ginjal.

Namun, batasi minuman yang mengandung kalori atau pemanis. Kurangi alkohol, kafein, teh, dan minuman bersoda. Penelitian mengatakan bahwa setidaknya konsumsi 1 gelas minuman bersoda setiap hari sanggup meningkatkan risiko sakit watu di ginjal sebanyak 23 persen.

2. Batasi makan masakan asin

Kebanyakan makan masakan asin dari garam  atau natrium, sanggup memicu penyakit watu ginjal lantaran meningkatkan jumlah kalsium dalam urin.

Batasi asupan garam maksimal dalam sehari setara dengan 1 sendok teh garam dapur (5 gram garam). Biasakan untuk membaca dan menghitung kandungan gizi dalam masakan kemasan yang banyak mengandung natrium

3. Jaga berat tubuh tetap ideal

Obesitas sering dikaitkan terhadap risiko watu di ginjal atau sakit kencing batu. Hal ini sanggup mengakibatkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga berisiko lebih besar adanya watu di ginjal.

Pada pH urin cenderung lebih asam pada orang yang mempunyai berat tubuh lebih sehingga juga meningkatkan risiko terjadinya pembentukan watu ginjal.

4. Batasi makan asupan hewani dan yang mengandung purin

Daging dan sumber protein hewani yang biasa Anda makan mirip telur, jeroan dan produk susu mengandung purin. Purin yakni zat yang sering mengakibatkan kondisi asam urat.

Selain itu, asam urat merupakan salah satu materi yang akan membentuk watu pada ginjal Anda.Oleh lantaran itu, batasi asupan masakan hewani dan masakan mengandung purin lainnya.

Nah itulah klarifikasi lengkap mengenai penyakit watu ginjal yang harus Anda waspadai. Selain memakai obat cara-cara diatas Anda juga harus rutin konsultasi dengan dokter. Agar watu ginjal sanggup disembuhkan.

Demikian klarifikasi tentang apa itu penyakit watu ginjal. Semoga bermanfaat.