Penjelasan Penyakit Hernia Mulai Pengertian, Penyebab, Sampai Pengobatan

Penjelasan Penyakit Hernia Mulai Pengertian Penjelasan Penyakit Hernia Mulai Pengertian, Penyebab, Hingga Pengobatan
Image Source: hellosehat.com

Hernia atau turun berok yaitu kondisi yang terjadi saat organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah. Hernia sanggup timbul secara tiba-tiba atau secara bertahap. Masalah ini sanggup disebabkan oleh melemahnya otot dan mengejan.

Penyakit hernia sanggup terjadi pada bayi, belum dewasa maupun orang dewasa. Apa itu penyakit hernia dan penyebabnya? Ketahui lebih banyak ihwal hernia mulai dari pengertian, penyebab dan gejalanya.

Jaringan ikat tubuh seharusnya cukup berpengaruh untuk menahan organ tubuh di dalamnya biar tetap berada di posisinya masing-masing. Namun, beberapa hal mengakibatkan jaringan ikat melemah sehingga tidak sanggup menahan organ di dalamnya dan mengakibatkan hernia.

Hernia yaitu istilah medis untuk turun berok. Cari tahu apa penyebab, gejala, cara mengobati, dan tips pencegahannya di berikut ini.

:

Definisi

Apa itu penyakit Hernia?

Hernia yaitu kondisi yang terjadi saat sebagian atau keseluruhan dari organ atau jaringan (misalnya usus) menonjol ke daerah-daerah yang tidak biasa. Bagian organ tersebut muncul melalui bukaan atau area lemah dalam dinding otot, sehingga muncul tonjolan atau benjolan.

Hernia mempunyai banyak sekali macam jenis. Jenis yang paling umum dari hernia adalah:
  • Hernia inguinal muncul pada selangkangan belahan dalam
  • Hernia insisional muncul akhir sayatan
  • Hernia femoralis muncul pada selangkangan luar
  • Hernia umbilikalis muncul di pusar
  • Hernia hiatal muncul pada perut belahan atas

Jika hernia hanya muncul lantaran tekanan atau regangan, maka kondisi tersebut dikenal dengan hernia yang sanggup direduksi (reducible hernia) dan tidak berbahaya. Sementara jaringan yang terjebak dalam bukaan atau ruang dan tidak sanggup kembali lagi dinamakan hernia yang tertahan (incarcerated hernia) dan merupakan dilema serius.

Hernia strangulasi yaitu jenis hernia yang paling berbahaya, lantaran jaringan yang terjebak sanggup kehilangan suplai darah dan jadinya mati.

Seberapa umumkah Hernia?

Hernia yaitu kondisi yang lebih umum dialami pada bayi dan anak-anak. Meski begitu, orang cukup umur juga sanggup mengalami kondisi ini. Anda sanggup mencegah hernia dengan mengurangi faktor risiko yang ada. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk info lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan tanda-tanda Hernia?

Tanda-tanda dan tanda-tanda yang muncul bergantung pada jenis hernia.
  • Gejala hernia inguinal dan hernia pusar yaitu munculnya pembengkakan tanpa rasa sakit, yang mungkin akan hilang dengan sendirinya. Gejala paling terperinci kalau seseorang menangis, mengejan, batuk, atau berdiri.
  • Hernia inguinalis pada pria sanggup menciptakan skrotum (kantung buah zakar) menjadi besar. Pada anak perempuan, labia (jaringan di sekitar vagina) sanggup membengkak.
  • Hernia internal mungkin tidak mempunyai tanda-tanda atau sanggup mengakibatkan muntah dan mulas.
  • Hernia tertahan mengakibatkan gumpalan daging yang empuk namun padat, nyeri, muntah, sembelit, dan rasa terganggu.
  • Hernia strangulasi mengakibatkan demam dan adanya area yang bengkak, kemerahan, meradang, dan sangat menyakitkan.
Kemungkinan ada tanda­-tanda dan tanda-tanda yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mempunyai kekhawatiran akan sebuah tanda-tanda tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mempunyai tanda-tanda atau tanda-tanda yang disebutkan di atas atau mempunyai pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab dari penyakit Hernia?
Semua jenis hernia disebabkan oleh tekanan dan kelemahan otot. Secara umum, apapun yang mengakibatkan peningkatan tekanan di perut sanggup mengakibatkan hernia.

Berikut beberapa penyebab hernia adalah:
  • Mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot perut
  • Diare atau sembelit
  • Batuk terus-menerus atau bersin
  • Kehamilan
  • Selain itu, obesitas, gizi buruk, dan merokok, semua sanggup melemahkan otot dan menciptakan hernia lebih mungkin terjadi.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko terkena Hernia?

  • Beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami hernia adalah:
  • Bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah
  • Obesitas dan kenaikan berat tubuh secara tiba-tiba
  • Mengangkat benda-benda berat
  • Diare atau sembelit
  • Batuk berkepanjangan
  • Kehamilan

Obat & pengobatan penyakit hernia

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti hikmah medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan untuk Hernia?

Pengobatan dilakukan menurut pada jenis hernia. Hernia umbilikalis biasanya tidak mengakibatkan tanda-tanda serius dan juga sanggup menutup sendiri pada usia 1 atau 2 tahun. Dokter seringkali sanggup dengan gampang mendorong belahan organ yang mencuat keluar tersebut kembali posisi awalnya. Dokter biasanya menyarankan untuk menunggu dan mengawasi jenis hernia ini.

Operasi hanya dibutuhkan kalau hernia tidak sembuh hingga usia 4 atau 5 tahun, atau kalau benjolan terjebak atau menyumbat usus. Operasi dan rawat jalan dilakukan untuk jenis hernia inguinalis biar sanggup mencegah terjadinya penahanan belahan organ.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk Hernia?

Dokter memakai riwayat medis dan investigasi fisik yang dilakukan dengan posisi anak berbaring dan berdiri. Tes darah atau laparoskopi mungkin diperlukan. Rontgen dan USG mungkin dibutuhkan untuk kasus tertentu.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang sanggup dilakukan untuk mengatasi Hernia?
Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang sanggup membantu Anda mengatasi hernia adalah
  • Pastikan anak minum obat secara teratur sesuai yang diresepkan dokter
  • Lindungilah anak Anda sesudah operasi dari infeksi jalan masuk pernapasan yang sanggup mengakibatkan batuk dan bersin. Ini sanggup mengganggu jahitan. Sering mencuci tangan yaitu cara terbaik untuk mencegah infeksi ini
  • Pelajari tanda-tanda hernia inguinal tertahan. Pengobatan yang tidak sempurna waktu sanggup mengakibatkan dilema serius
  • Jagalah luka bekas operasi biar tetap higienis dan kering hingga sembuh. Anda mungkin perlu membatasi acara anak Anda untuk sementara waktu
Nah, itulah tadi klarifikasi mengenai penyakit hernia, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, hingga bagaimana cara mengobati penyakit hernia. 

Demikian klarifikasi tentang apa itu penyakit hernia dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.