Hati-Hati, Inilah Insan Yang Paling Buruk Kedudukannya Di Hari Final Zaman Kelak


Angel Lelga Digerebek Vicky Prasetyo dan Dituding Selingkuh (Foto: tribunnews.com)

Bukan untuk gibah, tapi sebagai pelajaran berharga untuk kita semua.

Heboh masalah Vicky Prasetyo menggerebek Angel Lelga yang tengah bersama laki-laki lain. Ini biang dosa yang tak boleh kita sepelekan, kususnya yang sudah berumah tangga.

Bahkan Rasulullah menyampaikan orang yang melaksanakan hal ini sebagai manusia yang paling buruk kedudukannya di hari kiamat!

Dalam berumah tangga, pastinya tidak dapat terlepas dari persoalan yang melibatkan konflik antar pasangan.

Ada begitu banyak kasus yang dapat muncul, entah itu disebabkan oleh suami ataupun oleh istri.

Walau demikian, sebagai pasangan suami-istri yang bijak, maka kasus sedemikian rupa sudah seharusnya diselesaikan oleh pihak yang terlibat saja, yakni suami dan istri. Bukan malah membeberkan persoalan tersebut dengan menceritakannya pada pihak yang tidak seharusnya.

Sebenarnya tidak persoalan bila anda ingin curhat atau menyebarkan kisah dengan orang-orang di sekitar anda. Namun, tanamkanlah pikiran untuk tidak mengumbar malu dan menjelek-jelekkan pasangan anda hanya semata-mata lantaran anda sedang terlibat dalam pertengkaran.


Larangan menceritakan malu pasangan, termasuk larangan membuka malu suami dalam islam pun telah dijelaskan pada sumber pokok anutan islam, yakni alqur’an dan hadis.

Sebagaimana dalam QS. Al-baqarah:187 berikut ini:

… هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ …

… mereka (istri-istrimu) merupakan pakaian bagimu dan kau merupakan pakaian bagi mereka …” (QS. al-Baqoroh : 187)

Suami dan istri layaknya pakaian dan badan dimana pakaian berguna untuk menutup aurat, memperindah diri bahkan menciptakan badan merasa lebih damai bila ada pakaian yang menutupinya.

Jika lalu ada pasangan membuka bobroknya pasangannya sama dengan menawarkan bobroknya dirinya. Karena suami dan istri ialah satu kesatuan dalam rumah tangga.

Suami atau istri yang membuka malu pasangannya sebagai insan paling buruk di sisi Allah Swt

Dalam sebuah hadis dari Abu Sa'id al-Khudriy, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya insan yang paling buruk kedudukannya di hari final zaman ialah seorang laki-laki (suami) yang bercampur (bersetubuh) dengan istrinya, lalu membeberkan diam-diam istrinya tersebut." (HR Muslim)

Nabi SAW melabeli suami atau istri yang membuka malu pasangannya sebagai insan paling buruk di sisi Allah. Pasalnya, mereka yang membuka malu sudah mengingkari amanah yang seharusnya ia pegang.


Bukan hanya korelasi suami istri, kaidah ini berlaku terhadap seluruh kaum Muslimin.

Hendaknya setiap Muslim menjaga malu Muslim yang lain.

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang hamba menutupi (aib) seorang hamba (yang lain) di dunia melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat." (HR Muslim).

Jika menutupi malu sesama Muslim dianjurkan, tentu menjaga malu orang-orang terdekat semisal suami atau istri lebih diutamakan.

Semoga menjadi pembelajaran kita bersama! Wallahu A'lam.