Jika 4 Membuktikan Ini Terjadi, Islam Sudah Mulai Redup


Image from islami.co

Sebagai umat muslim, wajib untuk menjaga anutan Islam. Karena islam ialah agama rahmatan lil 'alamin.

Ketahuilah, ini 4 mengambarkan anutan islam mulai redup menyerupai yang dikatakan Rasulullah, hati-hati!!!

Islam diturunkan ke dunia sebagai rahmatan lil 'alamin. Ajaran yang terkandung di dalamnya membawa rahmat bagi semesta alam.

Agama ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Pemeluknya pun begitu banyak, mengakibatkan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia.

Meski begitu, kehidupan berjalan ada pasang surutnya. Sepanjang perjalanan sejarah, cerita kejayaan dan kemunduran terjadi silih berganti.

Perubahan ini terjadi sebab banyak faktor. Bisa dari dalam maupun dari luar.

Demikian pula dengan Islam yang sanggup saja meredup.  

Dikutip dari Islami.co, Imam Al Qusyairi dalam kitab Risalah-nya, menyampaikan ia pernah mendengar Muhammad bin Husain yang mendengar dari Abu Bakar Ar Razi berkata demikian, " Saya telah mendengar dari Muhammad bin Fadl menjelaskan Islam mulai meredup bila sudah ada empat tanda ini."

:

Apa Saja Tanda-tandanya?

Pertama, apabila umat Islam sudah tidak mau menjalankan anutan yang mereka ketahui. Saat kondisi ini terjadi, Islam hanya sebatas menjadi simbol semata karena umat tak mau menjalankanm syariat.

Kedua, apabila umat mengamalkan anutan Islam namun tidak dilandasi ilmu. Dalam hal ini, ilmu merupakan imamnya amal.

Ketiga, apabila umat Islam tak mau lagi berguru sesuatu yang tidak diketahui. Padahal, setiap kewajiban yang dijalankan umat harus dilandari ilmu.

Keempat, apabila orang melarang orang lain yang berniat berguru wacana sesuatu yang menjadi kewajibannya baik terkait ibadah maupun muamalah.

Dari klarifikasi di atas, empat hal itu merupakan mengambarkan Islam mengalami kemunduran. Secara tersirat, klarifikasi ini harus menjadi pemicu bagi setiap Muslim untuk selalu berguru dan menerapkan ilmu yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu A'lam.