Apa Itu Dekompresi ? Ini Yang Jadi Penyebab Penyelam Basarnas Lion Air Meninggal Dunia


Sumber gambar 

Insya Allah Meninggal Dalam Keadaan Syahid

Pahlawan kemanusiaan yang sangat mulia. Terlibat beberapa kali penyelamatan korban pesawat Lion Air dan Air Asia harus gugur dalam tugasnya.

Semoga hero kemanusian ibarat Syachrul Anto, mati khusnul khotimah.


Syachrul Anto penyelam Basarnas meninggal dunia ketika melaksanakan proses penyelamatan bangkai pesawat Lion Air JT 610.

Anggota penyelam Indonesia Diver Rescue Team tersebut diduga meninggal alasannya ialah mengalami dekompresi pada ketika melaksanakan penyelaman untuk mencari korban pesawat yang masih ada di dasar laut.

Apa itu Dekompresi?

Dekompresi ialah gangguan yang biasanya dialami oleh penyelam. Gejalanya berupa pusing, tubuh terasa lemas, sampai sesak napas.

Kondisi dekompresi muncul ketika tubuh mencicipi perubahan tekanan air atau udara yang terlalu cepat, sehingga nitrogen dalam darah membentuk gelembung yang menyumbat pembuluh darah dan jaringan organ. Dekompresi merupakan efek perubahan tekanan, baik air atau udara, yang terjadi terlalu cepat.

Badan Pesawat Lion Air Sudah di Temukan Banyak Penumpang Masih Terperangkap Didalam?

Pada ketika menyelam, dekompresi akan muncul kalau proses kembali menuju ke permukaan tidak dilakukan secara bertahap, atau tanpa menerapkan safety stop (berhenti beberapa menit di kedalaman tertentu) sesuai hukum dasar keselamatan menyelam.

Biasanya tubuh perlu waktu untuk mengikuti keadaan dengan perubahan tekanan yang ada. Jika perubahan tekanan terjadi terlalu cepat, nitrogen yang terkandung dalam darah akan membentuk gelembung-gelembung yang sanggup menyumbat pembuluh darah dan jaringan organ.

Lalu, pembuluh darah atau jaringan organ yang tersumbat sanggup mengakibatkan rasa sakit dan tanda-tanda lain.

Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit dekompresi, antara lain adalah:

  1. Dehidrasi
  2. Langsung melaksanakan penerbangan sehabis menyelam
  3. Obesitas
  4. Berusia di atas 30 tahun
  5. Memiliki penyakit jantung
Semoga bermanfaat.