Beruntungnya Orang Yang Tahu Dibalik Alasan Dipilihnya Hari Senin Dan Kamis Untuk Berpuasa


Sumber gambar tribunnews,com

Sungguh beruntung kita menjadi umat Rasulullah.

Seandainya mereka tahu kalau di hari kamis itu ada keutamaan yang mereka ketahui, maka mereka akan berlomba-lomba untuk mengamalkan kebaikan ini.

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah untuk dikerjakan ialah puasa senin dan kamis.

Puasa yang dilakukan setiap pekan di dua hari tersebut mempunyai keutamaan untuk menghapus dosa dan meninggikan derajat kita dihadapan Allah SWT.

Lantas, tahukah kau asal-muasal puasa pada hari senin dan kamis?

Suatu ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “ Ya Rasulullah, kenapa engkau berpuasa pada hari senin dan kamis? “ seketika Rasul pun menjawab, “Ketahuilah saudaraku. Hari senin dan kamis ialah hari dimana saya dilahirkan, hari saya diutus, dan dihari itu wahyu diturunkan untukku” (HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Daud) “

Biar Nggak Salah Faham dan Tidak Banyak yang Terprovokasi, Seperti Inilah Bendera HTI

Lalu bagaimana dengan hari Kamis ya Rasul?” Apa isitimewahnya hari itu?” tanya sahabat lagi. Dengan damai Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau Saudaraku? Bahwa pada hari itu (kamis) semua amal ibadah umat insan dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.

Tidakkah engaku merasa senang kalau di dikala amalmu sedang diperiksa, engkau sedang dalam keadaan beribadah kepada-Nya?” Sebagaimana dalam suatu hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,     

 صَائِمٌ وَأَنَا عَمَلِىيُعْرَضَ أَنْفَأُحِبُّوَ الْخَمِيسِا لاِثْنَيْنِ يَوْمَ الأَعْمَا لُتُعْرَض 

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka saya suka kalau amalanku dihadapkan sedangkan saya sedang berpuasa. “ (HR. Tirmidzi no. 747)

Semoga dalil-dalil di atas semakin menyemangati untuk bederma sholih dan hanya Allah yang memberi taufik.