Mudah, Murah, Kondusif Tanpa Obat!! Ini Cara Membuang Dahak Dan Lendir Pada Bayi

Cara gampang membuang dahak bayi via Klickdokter

Bunda wajib tahu!!!

Biasanya anak bunda kan sering terganggu pernapasan gara-gara dahak ataupun lendir pada salurannya.

Namun jangan khawatir bun, ini cara ampuh membersihkannya, alasannya tanpa obat dijamin aman.

Kesehatan anak merupakan prioritas utama untuk orangtua. Orangtua akan sangat khawatir saat buah hati tercintanya mengalami dilema kesehatan. Salah satu dilema kesehatan yang sering dialami oleh anak, khususnya bayi yaitu batuk pilek.

Batuk pilek akan sangat mengganggu terlebih lagi jikalau dahak susah dikeluarkan. Adanya dahak akan mengganggu jalan udara dalam sistem pernafasan bayi.

Dahak atau lendir pada orang cendekia balig cukup akal tentunya akan sanggup dengan gampang dikeluarkan. Namun lain halnya dengan bayi, alasannya dibutuhkan cara atau trik khusus untuk mengeluarkan dahak tanpa harus membahayakan si kecil.

Dahak atau disebut dengan sputum dalam bahasa medis merupakan lendir kental yang berada pada sistem pernafasan saat bayi pilek, batuk atau dilema sistem pernafasan yang lainnya.

Apabila dahak terlalu kental, bahkan sulit untuk dikeluarkan maka akhirnya akan menghipnotis pernafasannya, sehingga akan menciptakan bayi kesulitan bernafas, batuk pada bayi  yang tidak kunjung berhenti dan mengeluarkan bunyi saat bernafas, keadaan ini akan menciptakan bayi tidak nyaman dan rewel. Dahak pada bayi akan mengganggu si kecil saat minum ASI atau susu.

Seperti yang dilansir oleh perawatanbayi.com, Mengeluarkan dahak pada bayi bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit orangtua mencoba menghilangkan dahak dengan menawarkan obat pada bayinya.

Namun jangan khawatir, ini cara gampang yang harus dilakukan bunda biar dahak pada bayi bunda sanggup cepat keluar.

:

Berikut ini cara mengeluarkan dahak pada bayi :

1. Memberikan asupan cairan yang cukup

Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk membantu menghilangkan atau mengencerkan dahak pada jalan masuk pernafasan bayi ialah dengan menawarkan asupan cairan yang cukup. Jika bayi masih mengonsumsi ASI sebagai pasokan cairan utamanya, maka ibu wajib menawarkan ASI yang cukup.

Jika bayi sudah dibantu dengan susu formula, maka pemberian ASI sanggup diimbangi dengan susu formula. Pemberian cairan yang cukup pada bayi bertujuan untuk mengencerkan dahak.

2. Memandikan bayi dengan air hangat

Cara kedua, untuk sanggup membantu mengencerkan dahak pada jalan masuk pernafasan sehingga dahak lebih gampang untuk dikeluarkan ialah dengan memandikan bayi dengan air hangat.

Air hangat akan menawarkan rasa nyaman pada bayi. Jika batuk bayi disertai dengan demam, maka cara ini juga sanggup menciptakan suhu tubuh bayi menjadi lebih turun sesudah mandi.

3. Mengajak bayi berjemur

Cara ketiga, matahari pagi ialah salah satu obat alami yang baik dan ampuh untuk menjaga kesehatan bayi. Termasuk saat bayi sedang mengalami batuk berdahak. Ajaklah bayi untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sebaiknya lakukan secara rutin selama beberapa menit setiap harinya. Sinar matahari pagi akan menawarkan kehangatan dan kenyamanan pada bayi.

Dada dan punggungnya akan merasa lebih baik. Hal itulah yang sanggup menciptakan dahak atau lendir di jalan masuk pernafasannya lebih lega dan gampang dikeluarkan nantinya.

4. Menggunakan balsem bayi

Cara keempat, balsem bayi sanggup dioleskan di pecahan dada dan juga punggung bayi sesudah mandi. Balsem akan menawarkan pengaruh yang hangat dan melegakan. Namun hindari pemakaian balsem bayi di area bersahabat wajah. Dan ingat selalu untuk memperhatikan takaran yang disarankan.

5. Menguap bayi dengan minyak essensial

Cara kelima, bayi akan mendapat manfaat yang baik dari sebuah terapi uap sederhana. bunda pun sanggup melaksanakan terapi sederhana ini kepada bayi di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.

Bahan yang diharapkan hanyalah air panas dan minyak essensial. Jika tidak mempunyai minyak essensial tertentu, gunakan saja minyak kayu putih alasannya minyak kayu putih mengandung sejumlah minyak essensial eukaliptus.

Cara menguap bayi :
  • Siapkan air panas dan masukkan ke dalam baskom. 
  • Masukkan beberapa tetes minyak kayu putih secukupnya. 
  • Tunggu hingga minyak kayu putih tercium baunya. 
  • Bau tersebut akan ikut menguap bersama uap air panas. 
  • Pangku bayi dan biarkan bayi menghirup uap tersebut, Namun hindari jarak yang terlalu dekat.

6. Menguap bayi dengan aroma bawang putih

Cara keenam, jika terapi uap tadi dilakukan dengan minyak essensial atau minyak kayu putih, maka cara yang satu ini ialah lebih sederhana lagi.

Yaitu hanya dengan memakai air dan beberapa siung bawang putih.

Mengapa bawang putih? Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa aktif yang sanggup menciptakan tubuh menjadi lebih baik.


Cara menguap bayi dengan bawang putih :
  • Ketuk/geprek beberapa siung bawang putih.
  • Masukkan bawang putih tersebut ke dalam sebesen/semangkuk air panas yang masih beruap
  • Baringkan bayi anda menghadap besen/mangkuk beruap ibarat dalam gambar. Bayi tengkurapkan. Pastikan kepala lebih rendah dari kakinya.
  • Serkup/bungkus kepala bayi dengan kain lampin supaya uap tak terbebas atau menyejuk/dingin dengan cepat dan bayi sanggup menyedut uap bawang putih sepenuhnya.
  • Hati-hati dan pastikan tangan bayi tak menggapai besen/mangkuk.
  • Tepuk pecahan belakang tubuh bayi, di sebelah kiri dan kanan, dengan tangan dibentukkan “cupping” untuk melonggarkan dahak dalam paru-paru
  • Jangan tepuk di pecahan tulang belakang bayi.
  • Jangan panik jikalau bayi anda menangis dengan kuat. Itu lebih bagus, alasannya paru-paru akan mengembang dan memudahkan lendir/dahak untuk keluar.
  • Lakukan selama 10-15 menit, 2 atau 3 kali sehari. Ulangi sehingga simptom-simptom ( dahak/lendir ) berkurang.

7. Membuat bayi lebih cukup istirahat

Cara ketujuh, bunda atau orang cendekia balig cukup akal di sekitar bayi perlu menawarkan sebuah kenyamanan pada bayi, entah itu dari pakaian, dari suhu di kamar, atau dari aspek ketenangan dan kebersihan ruangan, biar bayi tetap sanggup beristirahat dengan pulas dan cukup.

Bayi yang beristirahat akan menawarkan stamina pelengkap kepada sistem imun tubuhnya sehingga abses penyebab batuk sanggup segera dibasmi.

8. Menggunakan daun sirih hangat

Cara kedelapan, jika bayi mengalami batuk berdahak dan ada banyak dahak di dalam jalan masuk pernafasannya, maka salah satu daun yang sanggup dipakai untuk membantu mengencerkan dahak tersebut ialah daun sirih hangat.

Caranya yaitu :
  • Ambil beberapa lembar daun sirih utuh. 
  • Rebus di dalam air utuh-utuh. 
  • Setelah itu, biarkan daun sirih agak menurun suhunya. Namun jangan hingga dingin. 
  • Jika suhu daun sirih sudah menghangat, maka ambil daun sirih tersebut dan tempelkan di pecahan dada dan juga punggung bayi Anda. 

Efek daun sirih akan menciptakan bayi menjadi nyaman. Jika dahak sudah mengencer, maka akan lebih gampang dikeluarkan dan tidak lagi memenuhi jalan masuk pernafasan pada bayi.

9. Menepuk punggung bayi dalam posisi tengkurap

Cara kesembilan, caranya cukup sederhana, yaitu dengan memposisikan tubuh bayi tengkurap dalam pangkuan Anda. Posisikan kepala bayi lebih rendah daripada punggungnya. Tujuannya ialah untuk mempermudah jalan keluar dari dahak.

Dahak yang encer sanggup saja keluar dari rongga lisan bersama muntahan bayi. Maka dari itu, hindari cara ini jikalau bayi gres saja minum atau makan. Sebaiknya lakukan cara ini sebelum bayi minum atau makan untuk menghindari bayi muntah.

Mudah kan bun??

Itulah tadi 9 cara menghilangkan dahak pada bayi yang sanggup dilakukan tanpa proteksi obat sehingga lebih kondusif dan juga sanggup dilakukan dengan cukup mudah. Jaga selalu kesehatan bayi bunda biar buah hati selalu dalam kondisi yang baik.

Semoga bermanfaat.