Pesan Kpai Pada Polri Terkait Kasus Dugaan Penganiayaan Oleh Habib Bahar


Kantor KPAI. (Foto: Dok. requisitoire-magazine.com)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) angkat bunyi terkait kasus dugaan penganiayaan oleh Habib Bahar...

KPAI juga ingatkan hal ini pada Polri...

Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) mengapresiasi Kepolisian Daerah Jawa Barat yang sudah bergerak cepat dan menahan Habib Bahar bin Smith.

Habib Bahar ditahan sesudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan secara bantu-membantu di muka umum melaksanakan kekerasan terhadap orang atau penganiayaan dan/atau melaksanakan kekerasan terhadap anak.

Polisi dihentikan kalah dengan tekanan pihak tertentu, aturan harus ditegakan,” ujar Komisioner KPAI Retno Listyarti melalui keterangan tertulis, Rabu (19/12/2018).

KPAI, kata Retno, mendorong pihak kepolisian untuk merampungkan penyelidikan kasus ini.

KPAI, juga memperlihatkan apresiasi atas keberanian orangtua korban yang melaporkan dugaan penganiayaan tersebut kepada pihak kepolisian.

"Siapapun dihentikan melaksanakan kekerasan dan main hakim sendiri dengan alasan dan tujuan apapun, dan terhadap siapapun,” tutur Retno, ibarat dikutip dari kompas.com.

Apalagi ini seorang yang dianggap ustad dan pimpinan ponpes terhadap anak,” ia menambahkan.

Menurut Retno, Indonesia yaitu negara aturan sehingga jikalau bersalah sebaiknya laporkan ke pihak berwajib, bukan justru dihakimi sendiri.


Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Bidang Pendidikan, Retno Listyarti saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (17/4/2018). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR) 

Retno mengatakan, seorang yang dikenal sebagai ulama seyogyanya berperilaku baik dan dapat menjadi pola bagi belum dewasa bimbing dan jamaahnya.

Salah satu korban masih usia anak. Seberapun kesalahan seorang anak, yang bersangkutan wajib diberi kesempatan memperbaiki diri, bukan malah dianiaya,” kata Retno.

Nantinya, lanjut Retno, KPAI akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk anak korban mendapat hak-haknya, terutama rehabilitasi medis dan psikis.

: