10 Manfaat Buah Alpukat


Image Source: unsplash.com/@thoughtcatalog

Buah avokad atau biasa disebut juga dengan nama apukat biasanya dijadikan minuman jus yang menyehatkan. Buah berbentuk lonjong ini berasal dari negara Meksiko dan Amerika Tengah.

Tak hanya nikmat menjadi minuman jus, alpukat ternyata mempunyai banyak manfaat. Apa manfaat buah alpukat?


Manfaat Buah Alpukat 

1. Baik untuk menjaga berat tubuh dan kesehatan jantung

Orang cukup umur yang mengonsumsi alpukat kemungkinan mempunyai kesehatan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Mereka yang mengonsumsi buah ini biasanya mempunyai contoh makan yang juga sehat, ibarat rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Hal ini besar lengan berkuasa kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Konsumsi alpukat juga baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan selanjutnya yaitu menurunkan kolesterol jahat.Mengonsumsi alpukat dianggap baik untuk tubuh lantaran kandungan lemak baik dalam buah ini melimpah. Menurut penelitian, konsumsi alpukat disertai contoh makan sehat sanggup membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga sanggup membantu menjaga kesehatan jantung.
Hal ini tidak mengherankan mengingat kandungan lemak dalam alpukat berbentuk lemak tak jenuh tunggal. Yang harus diperhatikan yakni jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

3. Mengobati kencing batu

Bahan yang diperlukan: Siapkan 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, siapkan juga 5 tangkai daun randu,  setengah biji pinang, 1 buah pala dan 3 jari gula enau.
Cara membuat:

  • Cuci semua materi hingga bersih.
  • Rebus memakai 3 gelas air higienis hingga mendidih hingga tersisa kira-kira 2 1/4 gelas. 
  • Setelah ramuan hambar lalu disaring.
  • Minum 3 x 3/4 gelas.

4. Baik untuk penderita osteoarthtritis

Buah alpukat yang diekstrak dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) kemungkinan mempunyai manfaat bagi penderita osteoarthritis. Produk tersebut diklaim bisa mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak baik bagi penderita osteoarthritis.

5. Baik bagi ibu hamil

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, sangat dianggap baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah alpukat kaya akan folat, folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil, khususnya membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan.


6. Mengurangi risiko kanker

Para jago menemukan fakta bahwa ekstrak alpukat yang tinggi antioksidan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, ibarat pada kanker prostat dan kanker mulut. Namun, penelitian ini kebanyakan terbatas pada penelitian di laboratorium, dan belum banyak penelitian yang menguji efek alpukat secara klinis dalam mengurangi risiko kanker.

7. Bagus untuk mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan mata, ibarat katarak, dan meminimalkan risiko terjadinya degenerasi makula terkait pertambahan usia.

8. Anti penuaan

Mengkonsumsi alpukat dan mengaplikasikan minyak alpukat manfaat buah alpukat untuk kecantikan yaitu untuk melembabkan kulit dikaitkan dengan anti penuaan. Alpukat mengandung senyawa ibarat lutein dan zeaxanthin, yang mempunyai sifat antioksidan. Studi penelitian oleh Dr. Richard L. Roberts et al. mengatakan bahwa lutein dan zeaxanthin sanggup mengurangi gejala proses penuaan dengan melindungi kulit dari kerusakan dari keduanya, ibarat sinar UV dan radiasi.

9. Mengatasi asam lambung

Gangguan pada lambung biasanya disebabkan produksi asam (HCl) oleh sel-sel parietal di dinding lambung meningkat tajam. Kondisi ini bisa menciptakan sensasi tidak nyaman muncul, terutama di area ulu hati (epigastrium), ibarat sesak, nyeri, perih, panas, mual, berdahak, mengganjal, dan lain sebagainya. Manfaat buah alpukat untuk asam lambung, apabila dilihat dari kandungan pH nya (tingkat keasamannya) bukan merupakan makanan yang bersifat sangat asam, melainkan lebih mendekati pH netral.  Oleh karenanya, disarankan untuk mencoba dulu konsumsi alpukat dalam jumlah sedikit dulu untuk mengetahui dampaknya.

10. Baik untuk bayi

Alpukat yakni sumber vitamin C dan K yang baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan, serta perbaikan jaringan tubuh. Manfaat buah alpukat untuk bayi yaitu membantu mengatur tekanan darah lantaran alpukat mengandung folat, dan kalium. Selain itu, alpukat juga mengandung mangan yang terlibat dalam fungsi otak dan saraf.

Meski alpukat tidak mengandung zat besi yang tinggi, namun kandungan folat, vitamin C, B6, dan riboflavin yang dimilikinya sanggup membantu perembesan zat besi, sehingga proteksi alpukat sebagai makanan pendamping ASI sanggup mencegah anemia.