12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Menambah Nafsu Makan Sampai Obat Kanker Alami

 Menambah Nafsu Makan Hingga Obat Kanker Alami  12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Menambah Nafsu Makan Hingga Obat Kanker Alami
2 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Menambah Nafsu Makan Hingga Obat Kanker Alami (Medium.com)

Jangan sepelekan manfaat temulawak.

Ternyata, aneka macam problem kesehatan dari yang ringan sampai berat sekalipun bisa sembuh hanya dengan mengkonsumsi temulawak.

Temulawak ialah salah satu materi rempah-repah yang cukup terkenal di Indonesia.

Temulawak atau dikenal juga sebagai Java Ginger ialah salah satu flora khas Indonesia yang menyerupai dengan ginseng. Jika Korea membanggakan ginsengnya, kita juga bisa membanggakan temulawak sebab mereka mempunyai khasiat yang setara, bahkan beberapa kajian menyebut bahwa temulawak lebih berguna dibanding ginseng.

Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb, manfaat temulawak sudah dirasakan dari semenjak dahulu kala sebagai obat tradisional khas Indonesia.

Temulawak terkenal bahkan sampai negara lain terutama Jerman dan Belanda sebab keuntungannya yang banyak untuk kesehatan. Manfaat temulawak yang sering dipakai yaitu sebagai materi dasar dalam obat-obatan herba untuk menangani gangguan kesehatan dan produk kecantikan.

Bagian dari temulawak yang dipercaya paling berkhasiat untuk kesehatan ialah akar dan batang yang tumbuh di dalam tanah. Temulawak juga sering kali dijadikan adonan untuk aneka macam hal, sebab selain kesahatan dan kecantikan manfaat temulawak yang cukup banyak.

Lalu, apa manfaat temulawak bagi kesehatan? Berikut Ulasannya.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan



Dilansir dari doktersehat.com, berikut ini ialah manfaat temulawak untuk kesehatan yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Menambah nafsu makan

Manfaat temulawak sudah dikenal luas sebagai penambah nafsu makan bagi bawah umur biar mereka bisa makan dengan lahap dan tercukupi kebutuhan gizinya, sehingga perkembangan tubuhnya pun bisa maksimal.

Tak hanya dibentuk sebagai jamu, beberapa jenis obat-obatan penambah nafsu makan juga memakai materi alami ini.

2. Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat temulawak buat lambung begitu banyak. Beberapa jenis penyakit menyerupai kembung, diare, atau bahkan dispepsia ternyata bisa diobati dengan materi alami ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal  Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan, bahwa dengan mengonsumsi jamu temulawak secara teratur, kondisi pasien yang mengalami gangguan pencernaan cenderung semakin semakin membaik.

3. Mengatasi kram perut ketika haid

Manfaat temulawak bagi wanita- Banyak perempuan yang mengaku mengalami nyeri perut tatkala fase menstruasi tiba. Cobalah untuk mendapat manfaat temulawak.

Mengonsumsi temulawak bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan ketika menstruasi.

4. Mengatasi masuk angin

Manfaat temulawak untuk masuk angin- Pakar kesehatan menyebutkan kalau kandungan di dalam temulawak ternyata mempunyai kemampuan dalam mengobati masuk angin sekaligus sakit kepala.

Dengan meminum dua sampai tiga gelas jamu temulawak, maka sakit kepala dan masuk angin pun akan mereda.

5. Membantu pengobatan kanker

Manfaat temulawak untuk obat kaanker-Sebuah jurnal kesehatan The Prostate mengungkapkan bahwa, manfaat temulawak ternyata mempunyai kandungan aktif yang bisa membantu pengobatan kanker layaknya kanker payudara, kanker prostat, sampai kanker usus.

Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga menyebutkan kalau nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.

6. Mengatasi problem usus besar

Manfaat temulawak lainnya juga dipercaya bisa mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya ialah gangguan pencernaan menyerupai sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), penyakit liver dan gangguan kantong empedu.

Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala menyerupai nyeri ulu hati, kembung dan mual.

7. Memengaruhi metabolisme lemak

Manfaat temulawak juga bisa memengaruhi metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak ialah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh.

Sebuah penelitian menemukan, temulawak mengandung materi aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

8. Mengatasi radang sendi

Bagi Anda yang mengalami osteoarthritis atau peradangan yang terjadi pada persendian, sebaiknya Anda mencoba untuk mendapat manfaat temulawak. Temulawak bisa meredakan rasa sakit pada dan kekuan pada sendi.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat temulawak untuk kesehatan menyampaikan imbas yang hampir sama ketika penggunaan ibuprofen yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

9. Mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kandungan Phelandren di temulawak dipercaya bisa membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

: Dibalik Rasanya yang Pahit, 7 Jamu ini Mempunyai Segudang Manfaat Bagi Tubuh

10. Mengatasi demam

Manfaat temulawak selanjutnya ialah kemampuannya meredakan demam.

Jika Anda ialah orang yang sering memakai obat-obat yang dijual di apotek untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda bisa mencoba untuk memakai temulawak.

11. Meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat temulawak yang satu ini diturunkan sebab adanya kandungan minyak asiri di dalamnya. Minyak asiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun.

12. Meningkatkan stamina

Bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina dengan bahan-bahan alami, tampaknya Anda bisa mengakibatkan temulawak sebagai alternatif. Campuran kunyit yang dicampur temulawak bisa menciptakan badan tidak praktis lelah dan lebih bersemangat. Hal ini bisa terjadi sebab kandunga tonikum di dalamnya.

Nah, itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Efek Samping Temulawak bagi Kesehatan


Gambar ilsutarasi dilansir dari tribunnews.com.

Meski banyak manfaat temulawak yang bisa di dapatkan tubuh, konsumsi temulawak sanggup mengakibatkan iritasi lambung. Akan lebih baik apabila temulawak dikonsumsi dalam waktu singkat dan bukan untuk jangka waktu yang lama, biar imbas samping yang ditimbulkan temulawak tidak membahayakan tubuh.

Namun, penelitian terkait takaran penggunaan yang sempurna bagi badan masih diharapkan penelitian lanjutan. Oleh sebab itu, sesuaikan konsumsi temulawak dengan kondisi kesehatan, usia dan latar belakang penyakit.

Pakar kesehatan mengatakan, temulawak sangat kondusif kalau dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak melebihi batas waktu masa penggunaan yaitu 18 ahad secara berturut-turut.

Jika Anda ragu untuk mengonsumsi temulawak, konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menghindari imbas samping yang membahayakan.

Berikut ialah beberapa golongan yang tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak, di antaranya:

Penderita gangguan kandung empedu dan hati

Temulawak mengandung banyak zat yang biasa merangsang cairan empedu. Pakar kesehatan menyarankan, sebaiknya temulawak tidak dikonsumsi lebih dari 3 bulan.  Konsumsi komplemen temulawak bila diharapkan saja. Pastikan produk komplemen temulawak terdaftar di BPOM.

Beberapa orang yang sensitif terhadap zat yang ada di temulawak bisa mengalami mual sampai muntah ketika mengonsumsinya. Sementara, seseorang yang mempunyai riwayat alergi temulawak, hal ini bisa memicu terjadinya alergi, dari ringan sampai membutuhkan penanganan khusus.

Wanita hamil dan menyusui

Meski imbas sampingnya pada kelompok ini belum diketahui secara pasti, namun sebaiknya hindari penggunaan temulawak. Dikhawatirkan temulawak bisa mengganggu janin di dalam kandungan maupun bayi yang sudah lahir.

Memicu komplikasi

Apabila Anda mengonsumsi temulawak bersamaan dengan obat tertentu menyerupai pengencer darah, maka hal itu bisa memicu penyakit yang lebih kompleks. Hal ini dikarenakan temulawak bersifat mengikis lemak darah.

Demikian pembahasan mengenai manfaat temulawak, semoga bermanfaat untuk Anda.