10 Cara Mengatasi Diare Biar Cepat Reda


Image Source: infokusehat.com

Salah satu duduk perkara pencernaan yang sering terjadi yaitu diare. Ada banyak penyebab duduk perkara diare, mulai dari yang disebabkan oleh hal ringan ibarat mengonsumsi masakan yang sangat pedas, hingga lantaran konsumsi masakan yang kurang higienis yang menciptakan terkena abses virus. Bagaimana cara mengatasi diare?

Cara mengatasi diare

1. Minum banyak cairan bening

Bagaimana cara pengobatan diare? Sebaiknya minum banyak cairan bening ibarat air putih, air kaldu, dan jus, setiap hari, dan hindari dulu minum alkohol dan kafein. Namun meski harus banyak minum cairan bening, sebaiknya ini Anda lakukan secara bertahap. Anda sanggup meningkatkan cairan yang Anda minum setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam, atau lebih usang lagi jikalau Anda mempunyai diare dengan jumlah besar. Jika Anda mempunyai penyakit ginjal, jantung, atau hati dan harus membatasi cairan, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan jumlah cairan yang Anda minum.

2. Coba makan masakan semipadat dan rendah serat

Seiring pergerakan usus yang kembali normal, Anda sebaiknya memakan masakan semipadat dan rendah serat ibarat roti bakar, telur, nasi, atau ayam. Namun, menambah porsi dan asupannya sebaiknya dilakukan secara sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan.

3. Hindari masakan tertentu

Dikutip dari Best Health Mag, sebaiknya Anda juga menghindari masakan yang sulit untuk dicerna. Makanan-makanan ini termasuk kacang-kacangan, kubis, atau kubis bertunas. Karena usus Anda belum sanggup mengolah masakan yang mungkin biasa Anda makan, sebaiknya Anda menghindari beberapa produk masakan ibarat produk susu olahan, masakan berlemak, masakan berserat tinggi, atau masakan dengan banyak bumbu selama beberapa hari.

Ketika diare sudah mulai hilang, Anda sanggup memakan masakan yang gampang dicerna dulu. Namun, tetap ada beberapa masakan yang harus Anda hindari, seperti: masakan pedas, buah-buahan tertentu, alkohol, dan kafein hingga 48 jam sesudah semua tanda-tanda diare Anda menghilang. Hindari susu selama 3 hari sesudah tanda-tanda diare Anda hilang. Namun, Anda sanggup memakan keju atau yogurt yang mengandung probiotik.

4. Pilih masakan yang mengandung probiotik

Probiotik mengandung sekumpulan basil hidup yang ibarat dengan basil sehat yang umumnya ditemukan di dalam sistem pencernaan tubuh. Probiotik sanggup meningkatkan jumlah basil sehat yang ada untuk melawan kuman dalam susukan pencernaan Anda. Suplemen probiotik juga ada dan Anda sanggup memilihnya. Bakteri bermanfaat ini juga sanggup ditemukan dalam yoghurt dan keju.

5. Makan bubur wortel

Bagaimana cara mengatasi diare pada ibu hamil? Wortel merupakan sumber pektin. Anda sanggup menciptakan bubur atau sup wortel dengan memasaknya hingga halus, kemudian memblendernya dengan suplemen sedikit air dan menuangkannya di mangkuk, ibarat masakan bayi. Anda sanggup makan ¼ – ½ mangkuk setiap jamnya.

6. Minum teh hitam manis

Anda sanggup minum teh hitam bagus dengan gula. Air panas sanggup membantu rehidrasi dan teh mengandung astringen tanin yang membantu mengurangi peradangan usus.

7. Jambu biji

Bagaimana cara mengatasi diare dengan buah dan daun jambu biji? Mungkin kalian sudah tak abnormal dengan pemanfaatan jambu biji untuk mengobati diare. Kini sudah banyak sekali obat diare di apotek yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai materi dasarnya. Pasalnya, penelitian mengambarkan bahwa tanaman ini mengandung tanin sebesar 17% baik di daun atau pun buahnya. Anda sanggup mengonsumsi eksklusif buah jambu biji atau membuatnya menjadi jus tanpa gula untuk menyembuhkan diare. Selain itu, kalian sanggup merebus 3 lembar daun jambu biji muda kemudian mengonsumsi airnya secara rutin.

8. Kunyit dan madu

Bagaimana cara mengatasi diare lantaran abses kuman? Kunyit merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit, salah satunya yaitu diare. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan berpengaruh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akhir radikal bebas. Caranya beragam, salah satu yang paling terkenal yaitu dengan diseduh.
  • Pertama, kupas dan bersihkan kunyit.
  • Kemudian parut dan tambahkan air matang. 
  • Peras air kunyit, diamkan dan ambil penggalan beningnya. 
  • Tambahkan madu untuk memperkaya rasa. 
  • Kalian juga sanggup merebus kunyit dalam air kemudian meminumnya.

9. Makan blackberry

Sebaiknya Anda juga memakan blackberry kaya tanin yang sudah usang menjadi pengobatan rumahan yang cukup umum. Blackberry tersebut sanggup Anda jadikan teh, dengan merebus 1-2 sendok makan blackberry atau daun blackberry kering dalam 1 ½ gelas air selama 10 menit, kemudian seduh. Minum beberapa gelas beberapa kali sehari. Teh raspberry juga sanggup jadi pilihan, lantaran juga efektif meredakan diare Anda.

10. Air kelapa

Bagaimana cara mengatasi diare pada anak? Air kelapa mengandung zat elektolit yang sanggup membantu menggantikan cairan badan serta membunuh basil penyebab penyakit diare. Air kelapa telah dipakai semenjak usang untuk mengobati penyakit ini lantaran terbukti ampuh. Kalian cukup mengonsumsi air kelapa murni tanpa suplemen apapun.

Itulah beberapa Bagaimana cara mengatasi diare? dengan gampang dan efektif. Semoga bermanfaat.