8 Makanan Untuk Darah Rendah, Cocok Untuk Ibu Hamil & Penderita Jantung

 kuliner alami dan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah And 8 Makanan Untuk Darah Rendah, Cocok Untuk Ibu Hamil & Penderita Jantung
8 Makanan Untuk Darah Rendah, Cocok Untuk Ibu Hamil & Penderita Jantung (ilustrasi:tribunnews.com)

Anda sering mengalami darah rendah?

Berikut 8 kuliner alami dan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

Darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan Hipotensi yaitu kondisi dimana ketika tekanan darah mencapai 90/60 atau kurang.

Biasanya hipotensi ini diikuti beberapa tanda-tanda yakni pusing, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, mual, kulit hambar dan lembap, napas jadi memburu, kelelahan, merasa sangat haus, penglihatan kabur, sampai pingsan (hilang kesadaran).

Meskipun tidak semua tekanan darah rendah merupakan kondisi serius, Anda tetap dihentikan meremehkannya. Dalam kasus yang fatal, tekanan darah rendah bisa saja mengakibatkan kematian.

Penyebab darah rendah sendiri beraneka ragam, dan biasanya yang sering mengalami persoalan darah rendah ini yaitu ibu hamil dan juga penderita jantung.

Pada masa kehamilan, peredaran darah dalam tubuh berkembang sangat cepat, berbeda dengan kondisi normal atau ketika sedang tidak hamil.

Darah rendah ketika hamil ini terjadi lantaran selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang mengakibatkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun. Tekanan darah ini biasanya mulai turun pada awal kehamilan maupun kehamilan trimester kedua.

Selain ibu hamil, Kondisi ini juga sering  ditemukan pada pasien gagal jantung dan serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak sanggup dipompa baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Selain itu, bagi orang normal tekanan darah rendah ini juga bisa diakibatkan oleh kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan berkepanjangan maupun mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa menentukan cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi banyak air serta kuliner sehat.

Nah bagi Anda yang sedang hamil maupun yang menderita hipotensi, berikut kuliner yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

1. Umbi Bit


khasiat.co.id

Umbi bit yang berwarna ungu yaitu salah satu kuliner absurd yang sangat mujarab untuk mengatasi persoalan hipotensi.

Jus umbi bit mengandung banyak sekali senyawa antioksidan dan senyawa nitrit yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Selain itu, senyawa nitrit yang terkandung dalam umbi bit juga sanggup meningkatkan kemampuan molekul darah dalam mengikat oksigen sehingga persoalan hipotensi bisa teratasi.

2. Kismis


manfaat.co.id

Kismis atau buah anggur yang dikeringkan merupakan salah satu kuliner yang bisa mengatasi tekanan darah rendah dalam tubuh.

Secara alami, kismis bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh secara signifikan dengan menghipnotis kerja kelenjar adrenalin.

Untuk mengobati hipotensi, rendam 30 sampai 40 bulir kismis dalam air atau susu semalaman dan konsumsilah dipagi harinya ketika perut masih kosong.

3. Almond


bukalapak.com

Di negara India, kacang almond dikenal sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi persoalan tekanan darah rendah.

Kacang almond kaya akan senyawa biotin dan zat gizi lainnya yang bisa mengatur regulasi tekanan darah dalam tubuh dan menjaganya dalam keadaan normal.

Almon juga paling cocok sebagai makanan untuk darah rendah ketika hamil, lantaran kasiat almon juga sangat baik untuk kesehatan janin.

Untuk mengatasi persoalan hipotensi, rendam beberapa bulir almond dalam segelas susu atau air kemudiah kupas dan haluskan kacang tersebut dipagi hari dan campurkan pasta almond tersebut pada susu yang akan Anda minum.

: Waspada, Konsumsi Makanan ini Kaprikornus Pemicu Terbesar Terjadinya Darah Rendah

4. Wortel


tribunnews.com

Siapa sangka, wortel yang dikenal sebagai kuliner untuk mata ternyata juga sanggup dikonsumsi untuk mengurangi efek tekanan darah rendah dalam tubuh.

Selain kaya akan betakaroten, wortel juga kaya akan senyawa glutathione yang berperan dalam menjaga tekanan darah normal dalam tubuh.

Meminum segelas jus wortel yang dicampur sesendok madu dipagi hari sanggup membantu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Seafood


Nasional pos

Mengkonsumsi seafood menyerupai ikan sarden, mackerel, kepiting, kerang, udang maupun cumi ternyata sangat bermanfaat bagi penderita hipotensi.

Pasalanya seafood mengandung mineral sodium yang cukup tinggi yang bisa merangsang penyempitan arteri dalam tubuh sehingga secara tidak pribadi ikut berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan menjaganya dalam batas normal.

Meskipun demikian, jangan mengkonsumsi seafood secara berlebihan ya, lantaran jikalau dikonsumsi berlebihan bukannya Anda terhindar dari hipotensi malah Anda akan terkena persoalan lainnya.

6. Daging Rendah Lemak


fimela.com

Daging merah yang rendah lemak menyerupai daging sapi atau kambing, sanggup dikonsumsi untuk membantu mengatasi hipotensi lantaran jenis daging yang satu ini sanggup meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

7. Basil


Tookapic

Daun basil yang masih satu famili dengan tanaman kemangi ini punya banyak manfaat bagi tubuh dan salah satunya yaitu untuk mengatasi persoalan hipotensi atau tekanan darah rendah.

Berdasarkan penyataan World Health Organization atau WHO, daun basil mengandung banyak sekali senyawa aktif menyerupai senyawa antibakteri, antioksidan, vitamin C, magnesium, potassium, dan asam pantotenat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Jadi, jikalau ingin terhindar dari persoalan hipotensi, tambahkan lima sampai tujuh lembar daun basil pada sajian kuliner sehari-hari Anda.

8. Lemon


resepkoki.id

Kaya akan vitamin C dan zat aktif lainnya, lemon sanggup menjadi salah satu superfood yang bisa mengatasi persoalan hipotensi terutama tekanan darah rendah yang diakibatkan oleh reaksi kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Untuk membantu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, minumlah segelas air hangat yang dicampur perasan setengah buah lemon dan tambahkan sejumput kecil garam yang mengandung sodium.

Minumlah adonan jus melon tersebut secara rutin dipagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.