Agar Diet Sukses, Hindari 10 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini

 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini  Agar Diet Sukses, Hindari 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini
Agar Diet Sukses, Hindari 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini (ilustrasi: alodokter.com)

Karbohidrat merupakan zat gizi utama yang diperlukan oleh tubuh kita. Tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara memperabukan karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan.

Namun kalau Anda sedang diet, pilihlah sumber karbohidrat yang sempurna supaya diet Anda sukses.

Diet rendah karbohidrat dipercaya sanggup membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kesehatan yang serius, ibarat sindrom metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, diet rendah karbohidrat sanggup meningkatkan kolesterol baik atau HDL, sehingga dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Dalam contoh diet yang dilakukan kebanyakan orang, hal yang paling dijaga yaitu asupan kuliner yang dimasukkan ke tubuh. Oleh alasannya itu, kalau Anda sedang melaksanakan contoh diet, Anda harus tahu setiap kandungan gizi yang ada dalam kuliner termasuk karbohidrat.

Karbohidrat yang baik ialah yang mengandung serat dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan tubuh namun ada beberapa karbohidrat yang intinya hanya mengandung gula dan karbon.

Makanan yang mengandung karbohidrat jahat (gula dan karbon) bersahabat kaitannya dengan kenaikan berat badan. Pasalnya, meski sebagian besar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi, sisanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak.

Selain itu, begi penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam satu waktu, akan berbahaya bagi kesehatan mereka.

Memang tidak semua jenis karbohidrat menakutkan. Tetapi, karbohidrat berikut ini, benar-benar tidak baik untuk diet Anda.

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Wajib Dihindari Agar Diet Sukses

Dilansir dari idntimes.com, berikut makanan yang harus dihindari ketika diet lantaran mengandung karbohidrat tinggi:

1. Kue Beras


IDNtimes

Makanan yang harus dihindari ketika diet yang pertama yakni kuliner ringan elok beras.

Jika Anda terpikir untuk makan kuliner ringan elok beras sebagai “makanan diet” mulai kini lupankanlah.

Sebab kuliner ringan elok beras hanyalah mengandung kalori kosong yang tidak bermanfaat untuk tubuh Anda.

Kue beras sendiri mengandung sekitar 17 karbohidrat per kue, bayangkan berapa potong yang biasa Anda makan? Hal itu cukup untuk menggagalkan jadwal diet Anda.

2. Konsumsi Nasi Putih Berlebih


tribunnews.com

Sudah banyak yang tahu bahwa nasi putih tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, terlebih buat Anda yang sedang melaksanakan jadwal diet.

Dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit. Hal ini disebabkan lantaran nasi putih berasal dari biji beras yang mengalami pengolahan sehingga serpihan inti dan kulitnya hilang. Dimana pada serpihan tersebutlah yang mengandung serat dan zat gizi penting lainnya.

Dalam seperempat cangkir porsi nasi putih ada sekitar 36 gram karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

: Menu Makanan Sehat Untuk Diet Cepat, Lengkap Pagi, Siang dan Malam

3. Sereal


hellosehat.com

Bahkan dalam sereal sehat dan granola yang biasa Anda makan di pagi hari, mengandung kadar gula yang tinggi, lho.

Oleh lantaran itu, Anda harus teliti dalam menentukan sereal yang akan Anda konsumsi setiap harinya.

Dalam porsi tiga perempat cangkir sereal yang kau makan, mengandung sekitar 22 gram karbohidrat.

4. Roti Putih


merdeka.com

Jika Anda mengira bahwa lebih kondusif makan roti putih ketimbang nasi, Anda selama ini salah. Kedua kuliner ini mengandung karbohidrat yang sama tingginya.

Dalam roti putih terdapat sekitar 31 gram karbohidrat per iris nya dan biasanya Anda tidak memakan satu iris roti saja sehingga sanggup dibayangkan berapa total karbohidrat yang masuk dalam tubuh Anda ketika makan roti putih ini.

5. Keripik Kentang


bacaterus.com

Makanan cemilan yang satu memang paling banyak disukai, terlebih ketika suasana dan kondisi yang mendung disore hari.

Namun, tahukah Anda bahwa dalam keripik kentang tersebut mengandung kalori yang tinggi? Sebab, dalam 15 buah keripik kentang mengandung 15 gram karbohidrat.

6. Muffins


freepik.com

Meskipun kuliner ringan elok yang satu ini terlihat sehat (karena biasanya ada gandum dan buah berry diatasnya), tapi sayangnya tidak begitu kenyataannya.

Perlu Anda ketahui, dalam satu muffin kecil yang biasa Anda beli mengandung 46 gram karbohidrat.

7. Pasta Putih


lilluna.com

Mengapa pasta putih juga salah satu kuliner yang harus Anda hindari?

Sudah niscaya jawabannya yakni lantaran di dalam pasta putih lebih banyak mengandung karbohidrat hampir sekitar 43 gram per cangkir bila dimasak.

Jika Anda beralih ke pasta gandum utuh itu hanya lebih rendah dari pasta putih yaitu sekitar 37 gram karbohidrat (sama-sama tinggi karbohidrat).

8. Juice Instan


sidomi.com

Pasti Anda bertanya, mengapa jus mengandung karbohidrat yang lebih tinggi?

Karena hampir disemua jus instan yang ada dipasaran terdapat tambahan buatan.

Berbeda kalau Anda mengkonsumsi buahnya, Anda harus mengunyah terlebih dulu potongan buahnya.

Dengan mengunyah buah tersebut, maka zat-zat gizi, termasuk gula yang terkandung di dalam buah akan dicerna dan diproses dahulu secara sedikit demi sedikit sebelum absorpsi di usus kecil. Sehingga menciptakan gula lebih usang diserap dan tidak gampang bermetamorfosis gula darah.

9. Yogurt Rasa


idntimes.com

Yogurt tawar sendiri mengandung gula dan karbohidrat alami yang baik untuk tubuh.

Berbeda halnya kalau yogurt tersebut mengandung varian rasa sanggup dipastikan kandungan yogurt tersebut pun telah berubah.

Yogurt dengan varian rasa tertentu sanggup mengandung 45 gram karbohidrat dengan sedikit zat gizi lainnya.

10. Bar Berenergi


dindulita.blogspot.com

Terlihat sehat dengan beberapa taburan kacang yang berserat, ternyata kuliner berenergi yang satu ini termasuk kuliner yang mengandung banyak gula.

Bayangkan saja, dalam satu kafe berenergi ini sanggup terdapat sekitar 45 gram karbohidrat! Tentu saja ini bukan menjadi pilihan yang baik untuk cemilan diet Anda.

Jika memang ingin makan kafe berenergi, bacalah terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam kemasannya. Pastikan Anda menentukan kafe berenergi yang mengandung banyak serat dan bukan sebaliknya.

Nah itulah makanan tinggi karbohidrat yang perlu Anda hindari supaya diet sukses. semoga bermanfaat.