Cara Kerja Jantung Dalam Badan Dan Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

Setiap orang sangat penting memahami anatomi dan cara kerja jantung dalam tubuhnya Cara Kerja Jantung Dalam Tubuh dan Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat
Anatomi & Cara Kerja Jantung (Foto:mengakujenius.com)

Setiap orang sangat penting memahami anatomi dan cara kerja jantung dalam tubuhnya.

Sebab, dengan mengetahui  lokasi spesifik dan cara kerja jantung, akan lebih gampang bagi Anda mendeteksi secara dini kalau terjadi persoalan pada jantung sebelum sebelum terlambat.

Jantung insan merupakan organ tubuh dengan kiprah yang berat dan bekerja sangat keras. Pada tiap menitnya, jantung orang bakir balig cukup akal berdetak 60-100 kali dalam kondisi normal.

Jantung yakni organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah untuk sistem peredaran darah. Jika jantung ini bermasalah, maka akan berakibat fatal dan bahkan janjkematian secara mendadak pada manusia.

Mengapa demikian? Sel-sel dalam tubuh kita memerlukan oksigen untuk bekerja. Oksigen ini diangkut oleh sel darah merah yang sanggup beredar ke seluruh tubuh dengan dipompa oleh jantung. Kalau jantung berhenti berdetak, sel-sel tubuh tidak sanggup bekerja dan akan mati dalam seketika.

Mungkin Anda sering mendengar, orang yang segar bugar tiba-tiba meninggal mendadak tanpa sebab. Bisa jadi penyebabnya yakni serangan jantung.

Oleh lantaran itu, sangat penting untuk mengetahui anatomi maupun kinerja jantung. Sebab dengan pengetahuan tersebut, kita bisa mendeteksi lebih dini kalau sewaktu-waktu terjadi masalah pada jantung kita.

Mengenal Bagian Utama Jantung


slideplayer.info

Jantung terletak di serpihan tengah dada, pada sisi kiri tubuh, tepatnya di bawah tulang rusuk. Jantung diapit oleh paru-paru kiri dan kanan. Anatomi jantung dan ukurannya pada tiap orang berbeda-beda, namun demikian Anda tetap bisa meraba dan mencicipi detak pada jantung Anda.

Ruang Jantung


wikipedia

Terdapat empat ruang utama jantung yang masing-masing dipenuhi darah dengan kandungan oksigen yang berbeda. Dua ruang atas jantung disebut dengan atrium (serambi jantung). Ruang ini dipenuhi darah yang kembali ke jantung. Atrium sebelah kiri mendapatkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru, sedangkan atrium sebelah kanan mendapatkan darah yang miskin oksigen dari seluruh tubuh.

Kemudian dua ruang di serpihan bawah jantung disebut ventrikel (bilik jantung). Ventrikel kiri mendapatkan darah dari atrium kiri, dan akan memompa darah ke pembuluh darah utama tubuh yang disebut dengan aorta. Dari aorta inilah darah yang kaya kandungan oksigen akan disebarkan ke seluruh tubuh termasuk otak, otot dan juga sel lainnya. Sedangkan ventrikel kanan yang mendapatkan darah dari atrium kanan, memompa darah ke paru-paru.

Di antara ruang jantung, terdapat pemisah berupa otot dengan dinding tebal yang disebut dengan septum. Pada permukaan jantung, terdapat arteri koroner yang menyediakan darah untuk otot jantung.

Pembuluh Darah Jantung


Aktifbelajar.com

Saat jantung berdetak, terjadi pemikiran darah yang masuk dan keluar dari jantung melalui pembuluh darah, dikenal sebagai sistem sirkulasi jantung.

Darah akan dibawa menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis, kemudian darah yang kaya oksigen, dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah aorta.

Sedangkan darah dari tubuh yang telah kekurangan oksigen akan kembali ke jantung melalui vena cava, dan darah yang telah menerima oksigen, akan disalurkan dari paru-paru menuju jantung melalui vena pulmonalis.

Berbicara mengenai serpihan jantung, tak lepas dari sistem koronaria, yang tersusun dari pembuluh-pembuluh darah. Arteri koroner menyediakan darah kaya oksigen untuk otot jantung.

Cabang-cabang dari arteri koroner mengelilingi permukaan jantung dan menyalurkan darah melalui otot jantung, yang kemudian didistribusikan ke seluruh sel jantung. Sedangkan vena koroner bertugas membawa darah yang sudah kekurangan oksigen keluar dari otot jantung.

Jantung dibungkus oleh kantong yang disebut perikardium. Di sekitar jantung terdapat jaringan saraf sebagai pengatur sinyal kompleks untuk kontraksi dan relaksasi jantung.

Cara Kerja Jantung


infojantung.com

Dilansir dari alodokter.com, kiprah jantung dalam proses memompa dan memasok darah ke seluruh tubuh tidaklah sederhana.

Atrium kanan mendapatkan darah dari seluruh tubuh melalui vena cava, yang kemudian dialirkan ke ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan dipompakan keluar jantung menuju ke paru-paru, untuk pertukaran karbon dioksida dengan oksigen. Darah yang sudah dipenuhi oksigen kemudian dipompakan masuk ke atrium kiri, kemudian ke ventrikel kiri, yang selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh melalui aorta.

Agar darah mengalir dengan tepat, jantung mempunyai katup. Katup yang membantu pemikiran darah dari atrium ke ventrikel yakni katup mitral dan trikuspid. Sedangkan, katup yang berfungsi mengendalikan pemikiran darah yang meninggalkan jantung yakni katup aorta dan katup pulmonalis.

Keempat katup tersebut menjaga darah terus bergerak maju ke satu arah. Katup akan menutup dengan cepat biar darah tidak berbalik ke arah yang berlawanan.

Gangguan yang Harus Diwaspadai


tribunnews.com

Seiring pertambahan usia, kinerja dari organ jantung akan menurun dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius yang berkaitan dengan fungsi jantung.

Gangguan ataupun penyakit yang menimpa organ jantung sanggup juga terjadi bukan lantaran proses penuaan, dan bisa membahayakan nyawa.

Beberapa gangguan yang sanggup terjadi pada jantung, di antaranya:

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner, dipengaruhi oleh terhambatnya pemikiran darah dari arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh aterosklerosis, yakni penyempitan arteri yang disebabkan oleh terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi jumlah pemikiran darah.

2. Bising jantung (heart murmur)

Melalui stetoskop, sanggup terdengar bunyi absurd dari jantung yang mungkin sanggup disebabkan gangguan pada pemikiran darah. Hal ini umumnya menandakan adanya kelainan pada katup jantung.

3. Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi lantaran adanya penggumpalan darah di arteri koroner, sehingga sanggup mengganggu kinerja otot jantung dan bisa berakibat fatal.

4. Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan penyakit jantung yang berkaitan dengan otot jantung (miokardium). Kondisi ini umumnya disebabkan lantaran melemahnya otot jantung, sehingga jantung tidak memompa darah secara maksimal ke serpihan tubuh lainnya.

Kardiomiopati bisa menjadikan gagal jantung, persoalan pada katup jantung dan komplikasi lainnya.

5. Gagal jantung

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak sanggup memompa darah sebagaimana diperlukan tubuh.

Gejala Penyakit Jantung yang Harus Dipahami


hellosehat.com

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, penyakit jantung terbagi menjadi beberapa jenis. Oleh lantaran itu, tanda dan tanda-tanda penyakit jantung juga akan berbeda-beda tergantung penyakitnya.

Namun, ada sejumlah tanda-tanda awal penyakit jantung yang umum terjadi. Jika Anda mengalami satu atau beberapa tanda yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter sebelum terlambat.

Beberapa tanda-tanda awal penyakit jantung adalah:

Nyeri dada

Nyeri dada atau angina yakni tanda-tanda awal penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan lantaran bersifat nyeri dan rasa tidak nyaman pada dada. Biasanya tanda-tanda ini terjadi ketika otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

Tidak hanya pada dada, nyeri yang dirasakan juga bisa menjalar sampai ke lengan, leher, bahu, rahang, sampai punggung.

Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa hari ataupun minggu. Namun, tingkat keparahan nyeri bisa berbeda-beda tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner jantung.

: Penyakit Jantung Bisa Kaprikornus Sebab Mati Muda, Jangan Anggap Remeh Nyeri pada Dada

Detak jantung tidak teratur

Palpitasi atau dikenal sebagai detak jantung yang tidak teratur yakni tanda-tanda yang sangat umum terjadi, tapi juga bisa menandakan tanda-tanda awal penyakit jantung. Banyak orang yang mengalami palpitasi mencicipi bahwa detak jantungnya berhenti sebentar, tapi kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang.

Sebagian besar orang yang mengalami palpitasi jantung mempunyai aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Ini tergantung dari jenis aritmia yang Anda diderita.

Jika detak jantung yang tak teratur memang berujung pada penyakit jantung, biasanya akan disertai dengan tanda lainnya. Mulai dari pusing, nyeri dada, sesak napas, sampai tubuh terasa goyah.

Sesak napas

Selain terjadi pada penyakit paru, sesak napas yakni salah satu tanda-tanda yang juga sering terjadi sebagai tanda-tanda awal penyakit jantung. Pasalnya, fungsi jantung yang tidak normal lagi bisa berdampak pada kelancaran pemikiran darah Anda. Aliran darah yang kurang lancar ini akan rentan menciptakan Anda sesak napas lantaran kurangnya oksigen.

Misalnya pada pasien gagal jantung yang sering mengalami sesak napas, terutama ketika sedang berbaring. Penderitanya juga bisa berdiri tiba-tiba di malam hari akhir sesak napas, dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan nocturnal dyspnea.

Masalah lainnya pada jantung, menyerupai penyakit katup jantung dan penyakit jantung koroner, juga ditandai dengan tanda-tanda sesak napas.

Sesak napas tanda-tanda penyakit jantung biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada. Kaprikornus bisa dikatakan bahwa sesak napas yakni salah satu mengambarkan medis yang tidak bisa dianggap sepele dan butuh perawatan segera dari dokter.

Pusing

Pusing yakni kondisi yang dirasakan seseorang ketika diserang sensasi menyerupai akan pingsan, kepala terasa berat (atau justru melayang), tubuh lemas, dan penglihatan yang semakin kabur.

Terkadang pusing berkaitan dengan tanda-tanda awal penyakit jantung. Misalnya penyakit aritmia jantung, gagal jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, Anda disarankan untuk tidak menyepelekan pusing yang Anda alami. Terutama kalau kondisi ini terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Kehilangan kesadaran tiba-tiba

Kehilangan kesadaran tiba-tiba atau disebut juga pingsan termasuk salah satu tanda-tanda penyakit jantung yang kerap kali terjadi. Biasanya, pingsan tidak menandakan adanya persoalan medis serius.

Namun, pada beberapa kondisi yang disertai dengan munculnya tanda-tanda lain yang tidak normal, pingsan bisa menawarkan kondisi kesehatan yang berbahaya dan mengancam tubuh. Jadi, penting untuk mencari tahu apa penyabab Anda tiba-tiba hilang kesadaran.

Badan lemas

Lemas yakni ketidakmampuan tubuh untuk melaksanakan fungsi dan tugasnya menyerupai biasa. Orang dengan kondisi ini dianjurkan untuk banyak tidur dan istirahat guna memulihkan kembali energinya.

Namun, dalam kondisi yang tidak biasanya, kelelahan juga bisa menjadi tanda-tanda awal penyakit jantung maupun menawarkan adanya kelainan pada sistem organ tubuh lainnya.

Sleep apnea, restless leg syndrome, dan insomnia bisa menjadi beberapa faktor risiko dan gangguan umum yang mengarah pada penyakit jantung. Sama menyerupai pusing, kelelahan yang terjadi dalam waktu usang butuh investigasi medis untuk segera diketahui penyebabnya.

Menjaga Jantung Tetap Sehat


alodokter.com

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu syarat dalam menjaga kinerja jantung tetap optimal. Anda juga harus mulai berhenti merokok, mengingat rokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Selain itu, kurangi asupan minuman beralkohol.

Kemudian, mulai lebih aktif bergerak demi menjaga kebugaran jasmani. Lakukan acara aerobik sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Maksimalkan dengan contoh makan seimbang yang rendah lemak dan tinggi serat untuk menjaga berat tubuh ideal. Kelebihan berat tubuh sanggup meningkatkan risiko sakit jantung.

Anda juga sebaiknya membaca label kemasan makanan ketika Anda berbelanja. Sedapat mungkin minimalkan konsumsi produk yang terlalu banyak mengandung garam.

Kurangi juga lemak jenuh contohnya dengan membatasi kudapan goreng-gorengan dan mengganti susu full krim dengan susu rendah lemak.

Anda tidak dihentikan untuk mengonsumsi daging, tapi batasi porsinya dan utamakan daging tanpa lemak yang dipanggang atau dibakar dibandingkan dengan yang digoreng. Yang tidak kalah penting yakni mengelola stres dengan tepat. Olahraga jalan cepat sanggup mengurangi tekanan yang Anda rasakan dan membantu menjernihkan pikiran.

Sayangi jantung Anda. Lakukan perubahan kini juga dengan menghindari hal-hal yang sanggup merugikan kesehatan, sekaligus mulai menjalankan kebiasaan-kebiasaan gres yang bermanfaat demi menjaga kinerja dan anatomi jantung tetap dalam kondisi optimal. Semoga bermanfaat.