Inilah 3 Keutamaan Shalat Tarawih Yang Perlu Diketahui


Image Source: babacaca.com

Shalat tarawih termasuk dalam qiyamul lail atau shalat malam. Akan tetapi shalat tarawih ini dikhususkan hanya di bulan Ramadhan. Jadi, shalat tarawih merupakan shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Untuk aturan shalat tarawih ialah sunnah. Bahkan berdasarkan ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Malikiyyah, aturan shalat tarawih ialah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan), dianjurkan bagi pria dan perempuan.

Selain itu, keutamaan shalat tarawih shalat tarawih yang dilaksanakan pada malam ramadhan mempunyai fadhilah yang berbeda disetiap malamnya dan Allah SWT akan memperlihatkan pahala yang berlipat ganda tentunya bagi hambanya yang melaksanakan shalat tarawih dengan rajin dan ikhlas. Lalu apa keutamaan shalat tarawih?

Apa saja keutamaan shalat tarawih? Apa keutamaan shalat tarawih beserta dalilnya? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Keutamaan Shalat Tarawih

Image Source: alamiry.net

1. Mendapatkan ampunan dosa

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa melaksanakan qiyam Ramadhan alasannya dogma dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah kemudian akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Yang dimaksud "Qiyam Ramadhan" ialah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih sanggup menggugurkan dosa dengan syarat alasannya dogma yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT dan mencari pahala dari Allah SWT, bukan alasannya riya’ atau alasan lainnya.

Yang dimaksud “Pengampunan dosa” dalam hadits ini ialah sanggup meliputi dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadits, sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Mundzir. Namun An Nawawi menyampaikan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini ialah khusus untuk dosa kecil.

2. Dihitung menyerupai shalat semalaman penuh

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu ia bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

Artinya: “Siapa yang shalat bersama imam hingga ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Hal tersebut lah yang merupakan tawaran semoga kaum muslimin mengerjakan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.

3. Shalat tarawih ialah seutama-utamanya shalat

Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) menyampaikan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah ialah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat menyerupai ini hampir serupa dengan shalat fardhu.

Kemudian shalat yang lebih utama lagi ialah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah ialah shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih.

Demikian klarifikasi diatas perihal apa saja keutamaan menjalankan shalat tarawih. Semoga bermanfaat!