3 Resep Dan Cara Menciptakan Es Lilin Buah

 Indonesia mempunyai banyak sekali resep olahan es yang menyegarkan 3 Resep dan Cara Membuat Es Lilin Buah
Image Source: usaharumahan.id

Indonesia mempunyai banyak sekali resep olahan es yang menyegarkan, mulai dari es kopyor, es doger, es dawet, es buah, dan masih banyak lagi. Salah satunya olahan es yang cukup terkenal yaitu es lilin.

Es lilin merupakan salah satu jajanan tradisional orisinil Indonesia yang masih bertahan hingga ketika ini. Dan juga Es lilin yaitu salah satu jajanan yang akan menciptakan anda nostalgia dengan masa kecil anda.

Selain itu, es yang mempunyai banyak sekali rasa ini biasa dinikmati ketika udara sedang panas. Oleh alasannya yaitu itu, mengakibatkan es lilin ini salah satu jajanan yang cukup digemari banyak orang.

Sangking cukup digemari banyak orang, hasil pencarian di google untuk resep es lilin. Terdapat sekitar 972 varian resep yang tentu saja enak.

Sedangkan hasil pencarian untuk salah satu varian es lilin. Seperti es lilin lembut, terdapat kurang lebih 973 resep yang sanggup dibentuk dengan gampang dirumah.

Tak hanya itu, hasil pencarian resep es lilin untuk bisnis. Terdapat kurang lebih 126 resep dan juga masih terdapat banyak lagi varian resep es lilin lezat dan gampang lainnya!

Nah, bagi yang ingin menciptakan sendiri es lilin dirumah namun tidak mengetahui resepnya. Tenang, alasannya yaitu artikel ini akan berisi seputar resep dan cara menciptakan es lilin yang enak.

Langsung saja simak berikut ini resep dan cara menciptakan es lilin yang lezat dan dengan cara termudah dan sanggup anda coba pribadi dipraktekkan di rumah.

:

Berikut Resep Es Lilin Buah

1. Resep Es Lilin Alpukat

Bahan:

  • Alpukat matang (tidak terlampau matang) sebanyak 4 buah. Cara menentukan alpukat yang bagus, cek di sini ya. Pisahkan dari kulitnya kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Gula merah atau gula aren 2 – 4 blok. Iris-iris halus.
  • Susu kental manis putih atau cokelat.
  • Plastik es atau cetakan es loli.

Cara Membuatnya:

  1. Masukkan irisan gula merah ke dalam blender berisi alpukat.
  2. Blender alpukat hingga halus dengan sedikit air.
  3. Tuang campuran alpukat ke dalam wadah lain.
  4. Masukkan susu kental ke dalam wadah tersebut. Pilih salah satu rasa saja, apakah Anda ingin susu cokelat atau susu putih. Aduk hingga rata dan terasa manisnya pas.
  5. Ambil plastik kemudian tuangkan campuran ke dalamnya. Selanjutnya, ikat dengan karet. Jika Anda memakai cetakan es loli, pribadi tuangkan saja campuran ke dalam cetakan.
  6. Simpan es ke dalam freezer maksimal 6 jam.

2. Resep Es Lilin Jelly Yoghurt

Bahan:

  • Yoghurt rasa plain dan rasa buah pilihan yang dicampur jadi satu.
  • 2 sachet jeli abu yang sudah dimasak dengan gula pasir dalam air mendidih dan didinginkan.
  • 200 ml sirup rasa melon atau coconut atau Sesuaikan dengan rasa yoghurt yang dipakai.
  • 1,5 sendok makan tepung maizena.
  • 300 ml air putih.

Cara Membuatnya:

  1. Taruh sirup, air dan maizena di dalam panci kemudian aduk hingga tercampur rata. Pastikan di dasar pancinya tidak ada tepung yang tertinggal. Selanjutnya, panaskan panci dengan api sedang hingga terbentuk gelembung-gelembung kecil. Dinginkan adonan.
  2. Dalam wadah lain, masukkan yoghurt disusul campuran sirup yang telah masbodoh tadi. Aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Potong-potong jeli kemudian masukkan ke dalam campuran yoghurt sirup di atas. Aduk perlahan hingga rata supaya jeli tidak hancur.
  4. Isi cetakan es loli atau plastik es lilin dengan campuran jeli yoghurt.
  5. Setelah itu masukkan kedalam freezer.

3. Resep Es Lilin Vanilla

Bahan:

  • 150 gram susu abu rasa vanila
  • 1 liter susu vanila cair
  • 450 gram gula pasir yang dicairkan dengan air
  • Es kerikil yang diserut
  • Cetakan es loli atau plastik
  • Shaker

Cara Membuatnya:

  1. Masukkan susu bubuk, air gula, susu cair, dan es serut dalam shaker. Kalau anda tidak punya shaker, gunakan saja tumbler atau gelas bertutup saja. 
  2. Tutup shaker dan kocok-kocok dengan gerakan cepat.
  3. Tuangkan milkshake ke dalam cetakan atau plastik es.
  4. Masukkan milkshake ke dalam freezer.

Demikian klarifikasi diatas wacana resep dan cara menciptakan es lilin yang enak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!