5 Manfaat Dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Berdasarkan Islam


Image Source: cosmopolitan.co.id

Sebagai umat islam tentunya kita sudah mengenal aneka macam puasa-puasa sunnah. Diantaranya adalah, puasa arafah, puasa asyuro, puasa senin kamis, dan sebagainya. Dan juga di antara sekian banyak puasa sunnah, yang paling terkenal ialah puasa senin kamis.

Banyak yang menganggap puasa senin kamis sangat dianjurkan, alasannya ialah selain pahalanya yang besar. Keutamaan puasa senin kamis memperlihatkan manfaat besar bagi yang menjalankannya. Lalu apa saja keutamaan puasa senin kamis?

Apa keutamaan dari puasa senin kamis? Apa keutamaan puasa sunah senin kamis? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Keutamaan Puasa Senin-Kamis

1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Dengan menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah menyerupai puasa senin dan kamis sanggup memperlihatkan dampak yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Manfaat berpuasa juga sanggup membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta sanggup meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sanggup meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kau berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kau semoga kau bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan menjalankan puasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Karena beliau akan merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga beliau akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal-hal yang sanggup mengakibatkan dosa dan sanggup membatalkan puasanya.

3. Dapat terhindar dari godaan syaitan

Dengan menjalankan puasa, memperlihatkan citra bahwa dengan melaksanakan ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan badan insan akan terhambat. Sehingga sanggup meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada insan menyerupai berbuat kemaksiatan atau melaksanakan hal-hal yang dihentikan Allah SWT.

4. Dapat melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan menjalankan puasa, rasa simpatik terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang mempunyai keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Sehingga dengan begitu akan menjadikan kita lebih tahu cara mensyukuri nikmat Allah SWT.

5. Dapat menjaga kesehatan tubuh

Dengan menjalankan puasa, dipercaya berdampak baik bagi kesehatan seseorang. Puasa sanggup membersihkan badan serta sebagai penyembuhan aneka macam penyakit. Karena dikala berpuasa, sistem pencernaan sanggup beristirahat sehingga sistem badan yang lainnya juga sanggup bekerja dengan lebih baik.

Demikian klarifikasi diatas tentang keutamaan dari puasa senin kamis. Semoga bermanfaat!