Resep Kembang Goyang Yang Renyah Tahan Lama

Resep Kembang Goyang yang Renyah Tahan Lama Resep Kembang Goyang yang Renyah Tahan Lama
Image Source: craftlog.com

Kembang goyang merupakan jajanan berbentuk bunga. Cara membuatnya yang dicetak dengan cara digoyang mengakibatkan makanan ini disebut kembang goyang.

Kembang goyang ini juga kerap dijadikan salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan orang Hindu, menyerupai ketika hari raya Nyepi.

Selain itu, penampilang camilan manis kembang goyang yang anggun dan teksturnya yang renyah memang bikin siapa saja ingin menyantapnya. Dan juga mengakibatkan jajanan ini disukai banyak orang.

Sangking banyaknya disukai orang, hasil pencarian di google untuk resep camilan manis kembang goyang renyah anti gagal. Terdapat sekitar 290 varian resep kembang goyang yang gampang dibentuk dan tentu saja enak.

Kembang goyang memang banyak dijual di luar. Tapi bila ada waktu, tidak ada salahnya kan bila anda membuatnya sendiri.

Bagi yang ingin menciptakan sendiri hidangan camilan manis kembang goyang dirumah, maka anda tak perlu khawatir. Inilah resep camilan manis kembang goyang yummy yang cocok untuk disajikan di ketika lebaran atau program hajatan lainnya.

Nah, pribadi saja simak berikut ini resep kembang goyang dan cara menciptakan kembang goyang yang gurih dan enak. Beserta juga tips sukses dalam menciptakan camilan manis kembang goyang.

:

Berikut Ini Resep Kembang Goyang Renyah Tahan Lama

Bahan-Bahannya:

  • 300 gram tepung beras, ayak
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir telur
  • ½ sdt garam
  • 300 ml santan
  • Minyak yang banyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya:

  1. Kocok telur dengan gula halus.
  2. Tambahkan tepung dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang santan sedikit-sedikit dan sesuaikan tingkat kekentalannya. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng memakai api sedang.
  5. Celupkan cetakan ke minyak goreng sebentar saja biar cetakan tidak lengket.
  6. Celupkan cetakan ke campuran hingga permukaan bawahnya saja yang tertutupi. Jangan celup terlalu dalam biar campuran gampang terlepas dari cetakan. Angkat dan diamkan sebentar hingga kelebihan campuran berhenti menetes dari cetakan.
  7. Celupkan cetakan ke minyak panas sambil digoyang-goyang pelan biar campuran terlepas.
  8. Ulangi langkah 5-7 hingga penggorengan agak penuh.
  9. Goreng kembang goyang hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  10. Kue kembang goyang yang sudah hirau taacuh sanggup dinikmati atau disimpan di stoples kedap udara.

Tips:

  • Adonan yang lebih kental akan menghasilkan kembang goyang yang lebih tebal dan garing, sedangkan campuran encer menciptakan kembang goyang lebih tipis dan renyah. Namun jangan menciptakan campuran terlalu encer alasannya akan menyerap banyak minyak.
  • Kamu sanggup menambahkan sedikit air kapur sirih ke campuran biar kembang goyang semakin garing.
  • Jangan memakai terlalu banyak gula. Selain menciptakan kembang goyang jadi terlalu manis, camilan manis juga jadi cepat hitam.
  • Ingin berkreasi dengan kembang goyang? Kamu sanggup menambahkan wijen putih atau perasa menyerupai vanili, frambozen, atau pandan ke dalam adonan.
  • Saring campuran untuk menghasilkan campuran yang mulus dan tidak menggumpal, sehingga kembang goyang yang dihasilkan lebih anggun dan renyah merata.
  • Gunakan sumpit kayu biar lebih gampang membolak-balik kembang goyang yang sedang digoreng.
  • Setelah ditiriskan, tempatkan kembang goyang di wadah lebar beralas tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak sebelum dimasukkan ke stoples. Taruh kembang goyang selapis saja, jangan bertumpuk, biar kelebihan minyak sanggup terserap dengan baik.

Demikian klarifikasi diatas wacana resep dan cara menciptakan kembang goyang yang gurih dan enak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!